STUDI KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN DENGAN PENAMBAHAN JUMLAH SAPI PERAH (Studi Kasus di Peternakan Seraphine, di Jalan Ponggol, Pakem, Yogyakarta)

Trijayanto, Damar (2018) STUDI KELAYAKAN PENGEMBANGAN USAHA PETERNAKAN DENGAN PENAMBAHAN JUMLAH SAPI PERAH (Studi Kasus di Peternakan Seraphine, di Jalan Ponggol, Pakem, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1 cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 x Lembar Pengesahan.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Industri usaha kecil menengah mempunyai peranan penting dalam membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Peternakan Seraphine adalah salah satu usaha kecil menengah yang sedang berkembang dan ingin meningkatkan usahanya. Usaha peternakan Seraphine adalah dengan melakukan penambahan jumlah sapi perah dengan tujuan dapat memenuhi permintaan pasar yang tinggi agar dapat memperoleh keuntungan yang maksimal. Namun perlu adanya studi kelayakan mengenai penambahan jumlah sapi perah untuk jangka waktu kedepan. Studi kelayakan pada usaha peternakan Seraphine untuk mengetahui tingkat kelayakan jangka waktu 5 tahun kedepan (tahun 2018-tahun 2022). Penelitian ini dilakukan agar tidak terjadi kerugian atau kegagalan yang mungkin terjadi pada usaha peternakan Seraphine dan dapat segera diketahui, sehingga dapat diantisipasi serta dapat meningkatkan profit dan mengestimasi keuntungan bagi usaha peternakan Seraphine. Studi kelayakan peternakan Seraphine akan dilakukan penambahan jumlah sapi perah. Studi kelayakan peternakan Seraphine dilakukan pada aspek pasar, manajemen, teknis, finansial, dan lingkungan untuk periode 5 tahun kedepan dan melakukan analisis sensitifitas. Analisis sensitivitas merubah parameter berupa penurunan pendapatan dan kenaikan biaya operasional. Dari studi kelayakan yang diperoleh bahwa investasi pengembangan usaha terhadap penambahan 3 jumlah sapi perah layak dilihat pada aspek pasar, teknis, manajemen, lingkungan dan finansial. Pada aspek finansial dengan kriteria penilaian investasi diperoleh untuk nilai NPV tahun 2018 sebesar Rp154.396.497,41 dan payback period sebesar 2,44 tahun, internal rate of return sebesar 48% dan indeks profitasbilitas sebesar 1,51, sehingga layak untuk dilaksanakan pada periode 5 tahun kedepan. Analisi sensitivitas terhadap penurunan pendapatan sebesar 5% tidak sensitif tetapi pada penurunan pendapatan sebesar 10% sensitif, dan kenaikan biaya operasional sebesar 5% tidak sensitif, tetapi kenaikan 10% menyebabkan sensitif. Kata kunci: usaha kecil menengah, studi kelayakan usaha, analisis sensitivitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 26 Jun 2018 04:37
Last Modified: 26 Jun 2018 04:37
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15460

Actions (login required)

View Item View Item