RESPON KHALAYAK PADA AKUN MEDIA SOSIAL FACEBOOK INFO CEGATAN JOGJA (Analisis Resepsi Informasi Tarif Parkir Saat Liburan Pada Pengikut Akun Facebook Info Cegatan Jogja)

Sahi, Detri Silviana (2018) RESPON KHALAYAK PADA AKUN MEDIA SOSIAL FACEBOOK INFO CEGATAN JOGJA (Analisis Resepsi Informasi Tarif Parkir Saat Liburan Pada Pengikut Akun Facebook Info Cegatan Jogja). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI, TABEL, GAMBAR.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Informasi yang simpang siur dimasyarakat membuat peluang ini digunakan oleh salah satu komunitas yang ada di Yogyakarta, yaitu komunitas Info Cegatan Jogja. Komunitas ICJ memberikan wadah kepada para netizen atau member untuk berbagi informasi seluas-luasnya dari berbagai kalangan. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui respon pengikut akun facebook info cegatan Jogja mengenai informasi tarif parkir saat liburan dan untuk mengetahui bagaimana pemaknaan pengikut akun facebook info cegatan Jogja mengenai informasi tarif parkir saat liburan. Dalam penelitian ini menggunakan teori analisis resepsi, didukung dengan teori uses and gratifications serta yang didukung dengan audien aktif didalamnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis resepsi yang berfokus pada cara-cara penonton memaknai pesan-pesan yang disampaikan media. Hasil penelitian ini terdapat respon yang diberikan oleh pengikut berupa feedback. Feedback yang diberikan oleh pengikut akun info cegatan Jogja bersifat delayed feedback dalam bentuk feedback positif dan feedback negatif dimana pengikut memberikan informasi serta klarifikasi untuk mendapatkan solusi yang baik, namun ada juga pengikut yang memberikan tanggapan kurang setuju melalui sticker yang diberikan melalui kolom komentar yang menunjukkan keprihatinanya akan informasi mengenai tarif parkir yang sangat tinggi. Dari feedback yang diperoleh terdapat pemaknaan yang diciptakan oleh pengikut terbagi atas tiga posisi yaitu; posisi hegemonik-dominan, posisi negosiasi, dan posisi berlawanan. Pemaknaan ini didukung dengan adanya aspek berupa pemilihan media, frekuensi mengkonsumsi informasi, pemenuhan kebutuhan, dan tingkat pengalaman. Sehingga makna yang disampaikan oleh pengirim pesan dapat diterima berbeda oleh penerima pesan yakni pengikut akun facebook info cegatan Jogja. Kata kunci : Informasi, Pemaknaan, Info Cegatan Jogja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 26 Jun 2018 03:40
Last Modified: 26 Jun 2018 03:40
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15451

Actions (login required)

View Item View Item