ARDIAN, RENO (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PRODUSEN BENIH PADI BINA USAHA SEED. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
cover.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
Scan lembar pengesahan 1.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi pada produsen benih padi Bina Usaha Seed serta menentukan prioritas strategi yang dapat digunakan Bina Usaha Seed di Yogyakarta. Tahap awal yang dilakukan pada penelitian ini yaitu menganalisis kondisi lingkungan internal dan lingkungan eksternal Bina Usaha Seed. Analisis tersebut dilakukan untuk dapat mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimiliki oleh Bina Usaha Seed. Perumusan strategi didasari pendekatan ilmu manajemen strategi. Penelitian ini menggunakan alat bantu analisis matriks IFE, EFE, SWOT, IE dan QSPM. Alat bantu matriks IFE menunjukkan total nilai terimbang 2,271, sedangkan matriks EFE menunjukkan nilai tertimbang 3,097. Pada matriks SWOT menghasilkan 5 alternatif strategi pada Bina Usaha Seed. Langkah selanjutnya, dilakukan analisis matriks IE yang menunjukkan posisi Bina Usaha Seed berada pada kuadran II dengan kondisi grow and build, strategi yang dapat diterapkan pada posisi ini yaitu strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk) atau strategi integrasi (integrasi horizontal, integrasi kedepan, dan integrasi kebelakang). Kemudian langkah terakhir diambil 4 alternatif strategi yang dijadikan prioritas dari 5 alternatif strategi yang ada karena 4 alternatif strategi tersebut merupakan fenomena yang berhubungan dengan masalah yang ada pada Bina Usaha Seed saat ini untuk dianalisis menggunakan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) dalam mengetahui alternatif strategi yang memiliki skor daya tarik tertinggi. Hasil analisis menggunakan matriks QSPM menunjukkan bahwa alternatif strategi yang mendapatkan skor daya tarik tertinggi yaitu strategi memperbaiki dan meningkatkan kemampuan manajerial. Kata Kunci: Strategi Pengembangan Usaha, SWOT, IE, QSPM
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
Depositing User: | Sarimin Sarimin |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 06:50 |
Last Modified: | 25 Jun 2018 06:50 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15437 |
Actions (login required)
View Item |