Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Badan Pengelola Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Di Kecamatan Borobudur SKRIPSI

ANGGRAENI, RONA (2018) Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Badan Pengelola Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Di Kecamatan Borobudur SKRIPSI. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover ok.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK PDF.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI PDF.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Balai Ekonomi Desa (Balkondes) merupakan sebuah tempat wisata yang berada di kawasan Candi Borobudur, dibangun sebagai program CSR (Coorporate Social Responbility) dari BUMN. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan pengelola balkondes dalam meningkat kunjungan wisatawan. Penelitian ini menggunakan teori perencanaan komunikasi, bauran komunikasi pemasaran dan analisis SWOT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengelola Balkondes melakukan perencanaan strategi diantaranya penentuan tujuan, menentukan sasaran pasar yang dituju, menentukan anggaran pemasaran, menetapkan strategi produk yang ingin dipasarkan. Hasil penelitian menyatakan bahwa Pengelola Balkondes menggunakan strategi komunikasi pemasaran yaitu periklanan melalui media online dan media cetak, promosi penjualan dengan mengadakan event, hubungan masyarakat dengan melakukan komunikasi antar pihak internal dan eksternal, penjualan perseorangan dengan melakukan komunikasi melalui telephone dengan wisatwan, pemasaran langsung melalui website yang digunakan untuk reservasi. Dalam tahap pelaksaannya sudah berjalan baik namun masih ada beberapa kegiatan yang belum maksimal. Dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran tentunya terdapat faktor-faktor yang mendukung seperti keberadaan Candi Borobudur tentu saja membuat kegiataan pemasaran menjadi lebih mudah dan Balkondes memang mempunyai ciri khas yang berbeda-beda setiap Desanya. Selain itu faktor penghambat salah satunya yaitu lokasi dari setiap Balkondes berbeda-beda sehingga ada yang perlu pembenahan akses jalan ke lokasinya. Peluang dari adanya Balkondes adalah penyerapan tenaga kerja dari masyarakat sekitar semakin meningkat dan dapat menekan angka arus urbanisasi. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Balai Ekonomi Desa (Balkondes), Wisatawan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 25 Jun 2018 06:29
Last Modified: 25 Jun 2018 06:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15435

Actions (login required)

View Item View Item