Atsilah, Anisa (2018) PERSONAL BRANDING PEJABAT PUBLIK DI MEDIA SOSIAL (Analisis Isi Pada Timeline Akun Fan Page Dedi Mulyadi Periode Oktober 2017). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
cover.pdf Download (72kB) | Preview |
Preview |
Text
lembar pengesahan.pdf Download (395kB) | Preview |
Preview |
Text
abstrak.pdf Download (75kB) | Preview |
Preview |
Text
daftar isi.pdf Download (81kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Personal branding melalui media sosial saat ini digunakan para pejabat publik, Dedi
Mulyadi merupakan salah satu pejabat publik yang melakukan personal branding di media
sosial. Dedi Mulyadi menggunakan media sosial Fan Page sebagai media dalam membangun
personal branding untuk mendapatkan sentimen positif dari masyarakat. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui personal branding yang terlihat dalam kiriman pada akun Fan
Page Kang Dedi Mulyadi. Peneliti memaparkan hasil penelitian menggunakan teori
Perencanaan, konsep Media Baru, dan konsep Personal Branding. Penelitian ini merupakan
penelitian analisis isi menggunakan metode kuantitatif. Peneliti menggunakan analisis isi
untuk menggambarkan isi kiriman personal branding yang terdapat dalam akun Fan Page
KangDedi Mulyadi selama periode Oktober 2017 secara sistematis dan objektif. Hasil
penelitian menunjukan bahwa kiriman pada akun Fan Page Dedi Mulyadi cenderung
menggunakan tulisan dan gambar atau video, tata bahasa yang digunakan tata bahasa formal
daninformal.Pemilihan kata yang digunakan santun,penggunaan bahasa yang digunakan
bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Tema pada kiriman beragam yaitu politik, ekonomi,
kebudayaan,lingkungan, agama, kesehatan, pariwisata, sosial, olahraga, peternakan, dan
kombinasi. Keseluruhan kiriman mencerminkan delapan konsep pembentukan personal
branding. Dedi Mulyadi merepresentasikan dirinya kedalam delapan konsep tersebut sebagai
sosok pejabat publik yang terampil, religius, nasionalis, mengayomi, amanah, sederhana,
kental dengan budaya, bijaksana, dan tegas. Personal branding yang dominan ditampilkan
Dedi Mulyadi sebagai sosok pejabat publik yang nasionalis dan religius, hal ini terlihat pada
program pemerintah daerah Purwakarta, fasilitas yang dibangun, dan himbauan yang
diberikan berorientasi pada nilai pancasila dan nilai agama.
Kata kunci: analisis isi, personal branding, Dedi Mulyadi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 25 Jun 2018 04:44 |
Last Modified: | 25 Jun 2018 04:44 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15430 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |