POLA KOMUNIKASI PEMIMPIN DENGAN KARYAWAN DI YAYASAN PENYANDANG CACAT MANDIRI YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Pola Komunikasi Organisasi Pemimpin dan Karyawan dalam Pengelolaan Yayasan Penyadang Cacat Mandiri Yogyakarta)

Krisnawati, Reni (2018) POLA KOMUNIKASI PEMIMPIN DENGAN KARYAWAN DI YAYASAN PENYANDANG CACAT MANDIRI YOGYAKARTA (Studi Deskriptif Pola Komunikasi Organisasi Pemimpin dan Karyawan dalam Pengelolaan Yayasan Penyadang Cacat Mandiri Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kondisi difabel di Indonesia saat ini cukup memprihatinkan. Kurangnya perhatian dari pemerintah dan masyarakat berdampak pada minimnya kesempatan yang diperoleh dalam bekerja, kondisi ini membuat tingkat kesejahteraan hidup difabel yang masih rendah. Salah satu yayasan yang memberikan kesempatan difabel untuk bekerja yaitu Yayasan Penyandang Cacat Mandiri/YPCM, sebuah organisasi yang mewadahi para difabel/penyadang cacat untuk berkarya membuat kerajinan dari kayu. Anggota karyawan di yayasan ini mayoritas merupakan para difabel dan dipimpin oleh seorang ketua yayasan non-difabel. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi organisasi antara pemimpin dan karyawan dalam pengelolaan YPCM, serta untuk mengetahui hambatan dalam pola komunikasi organisasi di YPCM. Penelitian ini menggunakan Teori Kontigensi Fielder dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi organisasi pimpinan dan karyawan dalam pengelolaan Yayasan Penyadang Cacat Mandiri Yogyakarta membentuk pola komunikasi searah, komunikasi roda, pola komunikasi dua arah serta terdapat pola komunikasi dalam pengunaan media. Selain itu hambatan yang terjadi dipengaruhi beberapa faktor yaitu intensitas komunikasi yang rendah antara pemimpin dan karyawan di YPCM, serta kurangnya peranan Ketua Yayasan dalam menjadi penggurus di yayasan, hal ini mempengaruhi komunikasi yang terjalin antara pemimpin dan karyawan di YPCM. Pola komunikasi yang dilakukan lebih banyak menempatkan Kepala Bidang Produksi yang berperan penting dalam aktivitas organisasi tersebut akibat lemahnya fungsi perananan Ketua Yayasan sebagai seorang pemimpin di YPCM. Kata Kunci :Difabel, Komunikasi Organisasi, Yayasan, Pola

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 07 Jun 2018 02:55
Last Modified: 07 Jun 2018 02:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15344

Actions (login required)

View Item View Item