“ANALISIS VOLUME PERDAGANGAN SAHAM DAN ABNORMAL RETURN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT DI BURSA EFEK INDONESIA” (Studi Perusahaan Manufaktur yang Melakukan Stock Split Periode 2014– 2016)

MULYANA, ANJAS FERIAN (2018) “ANALISIS VOLUME PERDAGANGAN SAHAM DAN ABNORMAL RETURN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEBELUM DAN SESUDAH STOCK SPLIT DI BURSA EFEK INDONESIA” (Studi Perusahaan Manufaktur yang Melakukan Stock Split Periode 2014– 2016). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan volume perdagangan saham dan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman stock split. Volume perdagangan saham pada penelitian ini dapat diketahui melalui Trading Volume Activity, sedangkan abnormal return saham dapat diketahui melalui abnormal return. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan penelitian peristiwa (event study). Kriteria pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan terdapat 17 perusahaan manufaktur yang melakukan stock split yang menjadi sampel penelitian. Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat perbedaan signifikan Trading Volume Activity dan abnormal return sebelum dan sesudah pengumuman stock split pada perusahaan manufaktur. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan tidak adanya reaksi pasar yang signifikan setelah pengumuman pemecahan saham merefleksikan bahwa investor masih belum mengantisipasi secara cepat informasi yang diterimanya di pasar modal atau investor menganggap bahwa peristiwa pemecahan saham bukanlah good news. Hasil penelitian membuktikan bahwa perusahaan sampel tidak berhasil membawa abnormal return ke rentang harga yang optimal. Hal tersebut ditunjukkan dengan terdapatnya perbedaan harga saham yang tidak signifikan pada periode 5 hari sebelum pengumuman pemecahan saham dan periode 5 hari sesudah pengumuman pemecahan saham Kata Kunci: Stock Split, Trading Volume Activity, Abnormal Return

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 30 May 2018 03:39
Last Modified: 30 May 2018 03:39
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15271

Actions (login required)

View Item View Item