PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KUALITAS AUDIT, MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA ( STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA )

DEWI, SERLY AYUNDIA PUSPITA (2018) PENGARUH STRUKTUR KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KUALITAS AUDIT, MEKANISME GOOD CORPORATE GOVERNANCE, UKURAN PERUSAHAAN DAN LEVERAGE TERHADAP MANAJEMEN LABA ( STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA ). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (701kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh struktur kepemilikan institusional, kualitas audit, mekanisme good corporate governance, ukuran lahan, dan leverage terhadap manajemen laba. Studi ini berfokus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2011-2014. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling untuk mengumpulkan sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah untuk semua perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama 2011-2014. Berdasarkan kriteria tertentu, ada 50 dari 151 perusahaan manufaktur yang cocok dengan sampel. Metode statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi mutiple. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa good corporate governance memiliki pengaruh signifikan (0,004) terhadap manajemen laba. Kepemilikan institusional memiliki pengaruh signifikan (0,001) terhadap manajemen laba. kualitas audit memiliki pengaruh signifikan (0,003) terhadap manajemen laba. Ukuran peternakan memiliki pengaruh yang tidak signifikan (0,18) terhadap manajemen laba. Leverage memiliki pengaruh yang tidak signifikan (0,105) terhadap manajemen laba. Pengujian goodness of fit menunjukkan bahwa tata kelola perusahaan yang baik, kepemilikan institusional, kualitas audit, ukuran lahan dan leverage dipengaruhi oleh manajemen laba dengan nilai F hitung 26,990 dan signifikan 0,000. Yang disesuaikan 2 adalah 0,662, yang menunjukkan pengaruh struktur kepemilikan institusional, kualitas audit, mekanisme tata kelola perusahaan yang baik, ukuran pertanian, dan leverage untuk manajemen laba sebesar 66,2% Kata kunci: Manajemen laba; struktur kepemilikan institusional; kualitas audit; mekanisme tata kelola perusahaan yang baik;

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 23 May 2018 04:02
Last Modified: 23 May 2018 04:02
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15183

Actions (login required)

View Item View Item