ANALISIS PENGARUH SHIFT KERJA TERHADAP DENYUT NADI PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN ANAVA (Studi Kasus pada PT. Jaya Readymix, Yogyakarta)

Yoshfandani, Afreza (2014) ANALISIS PENGARUH SHIFT KERJA TERHADAP DENYUT NADI PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN ANAVA (Studi Kasus pada PT. Jaya Readymix, Yogyakarta). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKS.pdf

Download (84kB) | Preview

Abstract

Dalam dunia industri, banyak resiko yang dapat dialami oleh pekerja. Kondisi lingkungan yang buruk, kurang ergonomisnya cara kerja yang ada dan pengaturan jadwal kerja yang kurang kurang baik dapat mengakibatkan kecelakaan kerja. keluhan-keluhan tersebut sering dialami oleh pekerja yang menggunakan sistem shift kerja. PT Jaya Readymix merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang dagang kategori konstruksi yang juga memberlakukan sistem dua waktu shift kerja yakni pagi dan malam, khususnya di bagian produksi yang volume produksinya mencapai 2000 kubik/hari. Penggunaan shift kerja tinggi yang hanya menerapkan 2 shift yaitu shift pagi dan shif malam pada bagian produksi sering menyebabkan para pekerja mengalami kelelahan kerja dan memungkinkan kecelakaan kerja. Adanya permasalahan tersebut menjadi latar belakang penelitian ini yang bertujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis dan memberikan informasi untuk merumuskan strategi sistem shift kerja yang baik untuk menekan penurunan produktivitas serta mengurangi keluhan-keluhan yang terjadi akibat shift kerja yang tinggi. Penelitian ini menggunakan kuisioner dampak shift kerja serta pengukuran denyut nadi. Kuisioner dampak shift kerja digunakan untuk mengetahui keluhan-keluhan pekerja terhadap performansi, kesehatan, dan psikososial. Sedangkan untuk pengukuran denyut nadi digunakan untuk dapat mengetahui tingkat beban kerja pada shift pagi dan shift malam dan dilakukan pada saat sebelum bekerja, sedang bekerja, dan setelah bekerja. Hasil uji denyut nadi kemudian diolah dengan menggunakan Anava Satu Jalur (One Way Anova) untuk melihat apakah terdapat perbedaan antara shift pagi dan shift malam. Dari hasil pengolahan kuisioner dampak shift kerja menunjukkan banyaknya keluhan pada shift malam dan dari hipotesis Anava Satu Jalur (One Way Anova) menunjukkan perbedaan signifikan antara denyut nadi shift pagi dengan shift malam pada saat bekerja. Kata kunci : Shift kerja, Dampak shift kerja, performansi, kesehatan, psikososial, denyut nadi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 21 May 2018 04:52
Last Modified: 21 May 2018 04:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15165

Actions (login required)

View Item View Item