EVALUASI PROGRAM KERJA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM BIDANG PERTANIAN ORGANIK ( Study pada PT. Austindo Nusantara Jaya Tbk, Sorong Selatan Papua Barat )

Sewa, Mariado Safdas Yee (2018) EVALUASI PROGRAM KERJA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DALAM BIDANG PERTANIAN ORGANIK ( Study pada PT. Austindo Nusantara Jaya Tbk, Sorong Selatan Papua Barat ). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTARKSI.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

ABSTARKSI Nama Mariado Safdas Yee Sewa, nomor mahasiswa 152130020 Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta. Dosen Pembimbing 1 Dr. Meilan Sugiarto, S.sos. M.Si dan dosen pembimbing 2 Dr. Adi Soeprapto, S.sos M.si dengan judul penelitian “ Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi dari program pertanian organik yang dilaksanakan oleh corporate social responsibility PT. Austindo Nusantara Jaya Tbk dan mengetahui keefektifan program kerja corporate social responsibility PT. Austindo Nusantara Jaya Tbk dalam bidang pertanian organik. PT Austindo Nusantara Jaya Tbk Merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang kelapa sawit dan sagu di Indonesia dan merupakan Badan Usaha Milik Swasta ( BUMS ). PT Austindo Nusantara Jaya Tbk mempunyai tanggung jawab sosial terhadap masyarakat yang terkena dampak dari kebun kelapa sawit. Divisi csr ANJ mempunyai beberapa program sebagai wujud tanggungjawab sosial, diantaranya yaitu pertanian organik. Program pertanian organik yang telah berjalan itu perlu adanya evaluasi. Hasil dari evaluasi penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi program pertanian organik telah berjalan dengan baik dan telah efektif. Masyarakat Puragi sudah mengerti dan bisa bertani sendiri, namun yang menjadi kendala yaitu kurangnya peralatan bertani. Solusinya PT. ANJ harus bisa memenuhi peralatan bertani masyarakat kampung agar masyarakat bisa bertani dengan lebih baik. Evaluasi ini dapat dilakukan dengan model CIPP ( context, input, process, product . evaluasi dalam CIPP tidak hanya menitikberatkan pada input dan output saja, akan tetapi evaluasi CIPP juga mencakup keseluruhan penilaian dari gambaran awal/prioritas, identifikasi, dan pelaksanaan hasil akhir. Model evaluasi CIPP adalah kerengka komprehensif dalam memandu kegiatan evaluasi sumatif dan formatif, program, perseorangan, produk, instansi dan sistem model ini diatur untuk digunakan dalam evaluasi internal maupun eksternal. PT ANJ sebaiknya memperhatikan beberapa instrument yang telah diteliti oleh peneliti yaitu kurangnya peralatan bertani membuat masyrakat mengalami kesulitan dalam bertani, ANJ sebaiknya memberikan peralatan yang memadai kepada msyarakat agar masyarakat lebih dengan giat lagi untuk bertani. Kata Kunci : Evaluasi Program Pertanian Organik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 17 Apr 2018 04:07
Last Modified: 17 Apr 2018 04:07
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15035

Actions (login required)

View Item View Item