PENGUKURAN KAPABILITAS PROSES PRODUK GULA MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DMAIC DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (Studi Kasus Di PG. Gondang Baru Kabupaten Klaten)

Situmorang, Brian Pratama (2018) PENGUKURAN KAPABILITAS PROSES PRODUK GULA MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DMAIC DAN FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) (Studi Kasus Di PG. Gondang Baru Kabupaten Klaten). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Scan lembar pengesahan.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan di PG Gondang Baru Kabupaten Klaten. PG Gondang Baru merupakan salah satu perusahaan penghasil gula kristal putih. Gula kristal adalah gula yang dihasilkan dari nira tebu yang di campur dengan air imbibisi dan bahan kimia lainnya yang melalui beberapa tahap proses sehingga siap dipasarkan atau di jual. Tujuan dari penelitian ini adalah mengukur kapabilitas proses pada produk gula dengan menggunakan metode six sigma DMAIC dan mengidentifikasi level sigma proses pada produk gula di PG Gondang Baru. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode Six Sigma DMAIC dengan menggunakan langkah sistematis yaitu Define (mendefinisikan masalah), Measure (pengukuran), Analyze (analisa), Improve (pengembangan), dan Control (pengendalian). Perhitungan kapabilitas proses produk gula kristal putih dilakukan dengan mengidentifikasi produk yang memiliki korelasi antara jumlah produksi dengan jumlah cacat yang dihasilkan. Dari hasil penelitian diperoleh kapabilitas proses pada produk gula dengan karakteristik CTQ sebanyak 2 dan memiliki nilai DPMO sebesar 49.800. Tingkat cacat diperoleh sebesar 0,9004 dan dengan peluang tingkat cacat per karakteristik CTQ sebesar 0,0996. Level sigma proses di PG Gondang Baru adalah 3,14 σ. Berdasarkan tabel pencapaian tingkat six sigma menunjukkan bahwa kemampuan proses yang terjadi sangat tidak kompetitif karena level sigma yang diperoleh masih dibawah rata-rata industri kelas USA yang memiliki tingkat level sigma sebesar 4 σ dan rata-rata industri kelas dunia yang memiliki tingkat level sigma sebesar 6 σ. Kata kunci: Kapabilitas Proses, Cacat Produk, Metode Six Sigma, DMAIC

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 17 Apr 2018 04:03
Last Modified: 17 Apr 2018 04:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/15034

Actions (login required)

View Item View Item