ANALISIS EFEKTIFITAS IKLAN INDOMARET DI MEDIA SOSIAL LINE DENGAN PENDEKATAN EPIC MODEL (Studi pada Pengguna Aplikasi Line Messenger di Fisip UPN “Veteran” Yogyakarta Angkatan 2015)

Ningsih, Tri (2018) ANALISIS EFEKTIFITAS IKLAN INDOMARET DI MEDIA SOSIAL LINE DENGAN PENDEKATAN EPIC MODEL (Studi pada Pengguna Aplikasi Line Messenger di Fisip UPN “Veteran” Yogyakarta Angkatan 2015). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Dalam kegiatan pemasaran, komunikasi pemasaran merupakan salah satu hal yang penting dalam menunjang keberhasilan perusahaan. Salah satu alat yang sering digunakan untuk berkomunikasi antara produsen dengan konsumen adalah iklan. Dalam beriklan media juga berpengaruh, saat ini media iklan yang cukup ramai di gunakan adalah Line karena banyaknya pengguna dan fitur line yang disediakan oleh Line.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengkaji seberapa efektifkah iklan Indomaret di media sosial line di FISIP UPN “Veteran Yogyakarta angkatan 2015, jika di dianalisa menggunakan EPIC Model. Tipe penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2015 yang menggunakan Aplikasi Line Messenger, dengan ukuran sampel 103 responden. Alat analisis ini menggunakan EPIC Model melalui dua tahapan yaitu, tabulasi sederhana dan skor rata-rata, yang kemudian dimasukkan ke skala EPIC Rate. Berdasarkan analisis EPIC Model didapatkan hasil perhitungan setiap dimensi, yaitu dimensi empati didapatkan hasil 3,50 yang dinyatakan efektif, dimensi persuasive didapatan hasil 3,21 yang artinya cukup efektif, dimensi dampak didapatkan 3,38 yang artinya cukup efektf, dan dimensi komunikasi didapatkan hasil 3,60 yang artinya efektif. Berdasarkan nilai EPIC Rate dapat disimpulkan bahwa perhitungan secara keseluruhan dari rata-rata keempat dimensi adalah 3,42 yang termasuk dalam rentan skala efektif. Iklan Indomaret di media sosial Line pada dimensi persuasi tergolong dalam kategori cukup efektif yaitu 3,28. Sedangkan pada dimensi dampak pada iklan Indomaret di media sosial line memiliki skor terendah dari keempat dimensi lainnya yaitu 3,24. Oleh karena itu Iklan Indomaret di media sosial Line lebih dimaksimalkan dan lebih menonjolkan iklannya dari iklan produk yang sejenis serta desain iklan di buat semenarik mungkin guna meragsang ketertarikan konsumen untuk melihat ketika pengguna Aplikasi Line Messenger log in. Kata kunci : Iklan, Media sosial, Aplikasi Line Messenger, EPIC Model

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 11 Apr 2018 04:20
Last Modified: 11 Apr 2018 04:20
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14958

Actions (login required)

View Item View Item