PERBAIKAN SISTEM KERJA DENGAN METODE MACROERGONOMICS ANALYSIS AND DESIGN UNTUK MEMINIMALISIR RESIKO CEDERA AKIBAT KEBISINGAN (Studi kasus PT Papertech Indonesia Unit II Magelang)

Permana, Milata Aji (2018) PERBAIKAN SISTEM KERJA DENGAN METODE MACROERGONOMICS ANALYSIS AND DESIGN UNTUK MEMINIMALISIR RESIKO CEDERA AKIBAT KEBISINGAN (Studi kasus PT Papertech Indonesia Unit II Magelang). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. Cover.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar pengesahan.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Daftar isi.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT. Papertech Indonesia merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri daur ulang kertas. Sebagian besar proses produksinya melibatkan proses kimia dengan menggunakan banyak mesin. Mesin tersebut ketika beroperasi mengeluarkan suara yang bising, dengan kebisingan melebihi 85 dB. Namun dalam segi fasilitas belum terdapat display peringatan tentang zona berbahaya kebisingan pada area tersebut, operator tidak selalu menggunakan alat pelindung diri (APD) ketika bekerja, serta kontrol dan pengawasan K3 belum berjalan secara optimal. Maka dari itu perlu dilakukan perbaikan menggunakan metode macroergonomics analysis and design (MEAD) dengan tujuan memperbaiki sistem kerja untuk mengurangi tingkat kebisingan yang diterima oleh operator sehingga operator dapat terhindar dari resiko cedera pendengaran. Keluhan didapatkan dari hasil kuesioner kepada operator selaku responden serta dibuktikan dengan mengukur pemaparan kebisingan yang diterima oleh operator. Kemudian dilakukan analisis dan perbaikan dengan sepuluh langkah MEAD. Hasil dari analisis MEAD untuk mengurangi kebisingan adalah dengan cara melakukan penjadwalan perawatan mesin, membuat display peringatan zona kebisingan dan anjuran memakai alat pelindung diri, membuat papan informasi pemakaian ear plug dan ear muff dengan benar serta melakukan sosialisasi. Sehingga didapat nilai paparan kebisingan yang diterima operator setelah perbaikan yaitu 37,8% dari paparan awal sebelum dilakukan perbaikan mencapai 762%. Kata kunci: Kebisingan, Ergonomi makro, Macroergonomics analysis and design (MEAD)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Apr 2018 03:57
Last Modified: 06 Apr 2018 03:57
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14909

Actions (login required)

View Item View Item