SOCIAL INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL (PENGARUH SOCIAL INFLUENCER DALAM MEMBERITAKAN PASANGAN CALON PEMILIHAN KEPALA DAERAH DKI JAKARTA 2017 DI MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP PERILAKU MEMILIH MASYARAKAT)

Hutima, Mutiara Adila (2018) SOCIAL INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL (PENGARUH SOCIAL INFLUENCER DALAM MEMBERITAKAN PASANGAN CALON PEMILIHAN KEPALA DAERAH DKI JAKARTA 2017 DI MEDIA SOSIAL TWITTER TERHADAP PERILAKU MEMILIH MASYARAKAT). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Halaman Pengesahan.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.Daftar Isi.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Media sosial Twitter berperan besar pada kampanye Pilkada DKI Jakarta 2017. Setiap pasangan calon bahkan melibatkan peran social influencer guna meraup dukungan dari masyarakat. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social influencer dalam memberitakan pasangan calon Pilkada DKI Jakarta 2017 di media sosial Twitter terhadap perilaku memilih masyarakat. Metode yang digunakan adalah survei kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang diisi oleh 211 sampel penelitian yang ditentukan berdasarkan teknik random sampling. Pengujian item-item kuesioner menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan korelasi product moment dan regresi linier sederhana. Hasil penelitian dijelaskan menggunakan media equation theory dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara social influencer dalam memberitakan pasangan calon Pilkada DKI Jakarta 2017 di media sosial Twitter terhadap perilaku memilih masyarakat pada kategori sedang. Kredibilitas social influencer memberikan konstribusi sebesar 18,2% dalam mempengaruhi perilaku memilih masyarakat dengan nilai signifikasi 0,000 yang berarti semakin tinggi kredibilitas social influencer maka semakin efektif pula pengaruhnya pada perilaku memilih masyarakat, begitu pun sebaliknya. Penelitian ini juga menemukan jika perilaku memilih masyarakat Jakarta berposisi sebagai pemilih rasional dengan 86,74% suara yang diwujudkan melalui pilihan politik berdasarkan pada kualitas pribadi pasangan calon serta program yang ditawarkan. Keputusan tersebut tidak terlepas dari adanya peran social influencer sebagai referensi pemilih dalam menentukan pilihan politiknya. Kata kunci: Social influencer, Pilkada DKI Jakarta, Twitter, perilaku memilih.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 05 Apr 2018 08:13
Last Modified: 05 Apr 2018 08:13
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14874

Actions (login required)

View Item View Item