PENGARUH MOTIVASI, BUDAYA ORGANISASIONAL, TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN KOMITMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA TARUNA AKADEMI MILITER MAGELANG

SUMANTORO, AGUS (2018) PENGARUH MOTIVASI, BUDAYA ORGANISASIONAL, TERHADAP PRESTASI BELAJAR DENGAN KOMITMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA TARUNA AKADEMI MILITER MAGELANG. Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ringkasan.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Motivasi, Budaya Organisasional terhadap Prestasi Belajar yang dimediasi Komitmen Organisasional pada Taruna Akmil Magelang. Pengambilan data dilakukan pada bulan Juni 2017 populasi dalam penelitian ini adalah Taruna/Taruni Akmil tingkat III yang berjumlah 273 Taruna/Taruni. Pengambilan sampel menggunakan teknik Proporsional Stratified Random Sampling dengan jumlah sampel 81 Taruna. Metode analisis data mengunakan analisis Deskriptif dan analisis Kuantitatif dengan teknik analisis yaitu analisis jalur (Path Analisis). Temuan penelitian ini adalah: 1) Pengaruh langsung Variabel Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi belajar Taruna Akmil dengan nilai signifikansi 0,015 < 0,05. 2) Pengaruh tidak lansung Variabel Motivasi berpengaruh signifikan yang dimediasi Komitmen Organisasional terhadaf Prestasi Belajar Taruna Akmil dengan nilai sobel test sebesar 2,385 > 1,98 dengan tingkat signifikansi 5% membuktikan Komitmen mampu memediasi pengaruh Motivasi terhadaf Prestasi belajar. 3) Pengaruh langsung Variabel Budaya Organisasional berpengaruh positif dan signifikan terhadaf Prestasi Belajar Taruna Akmil dengan nilai signifikansi 0,011 < 0,05. 4) Pengaruh tidak langsung Variabel Budaya Orgaisasional berpengaruh positif dan signifikan yang dimediasi Komitmen Organisasional terhadaf Prestasi Belajar Taruna Akmil dengan nilai sobel test sebesar 2,235 > 1,98 dengan tingkat signifikansi 5% membuktikan Komitmen mampu memediasi pengaruh Budaya Organisasional terhadap Prestasi belajar. Implikasi dari pengaruh langsung maupun tidak langsung Motivasi sebagai faktor dominan terhadap prestasi belajar maka Motivasi yang deberikan saat ini hendaknya dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan, sehingga akan meningkatkan semangat belajar yang positif dan meningkat pula prestasi Taruna. maka Akademi Militer perlu memberikan penghargaan sebagai wujut Motivasi bagi Taruna yang berprestasi sehingga dapat lebih memacu prestasi bagi yang bersangkutan maupun Taruna yang lain seperti memberikan kesempatan pertukaran antar Taruna mancanegara, seminar keluar negeri, promosi menjadi pimpinan dalam organisasi taruna serta kegiatan lain yang dapat menumbuhkan motivasi belajar yang diharapkan akan meningkatkan prestasi para Taruna. Kata Kunci: Motivasi, Budaya Organisasional, Komitmen Organisasional dan Prestasi belajar Taruna Akmil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Apr 2018 07:29
Last Modified: 03 Apr 2018 07:29
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14846

Actions (login required)

View Item View Item