EVALUASI KERJA MENGGUNAKAN METODE MACROERGONOMIC ANALYSIS AND DESIGN (MEAD) UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PRODUK (Studi Kasus pada PT Adi Satria Abadi di Yogyakarta)

Dewi, Maudina Rachma (2018) EVALUASI KERJA MENGGUNAKAN METODE MACROERGONOMIC ANALYSIS AND DESIGN (MEAD) UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH PRODUK (Studi Kasus pada PT Adi Satria Abadi di Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

PT Adi Satria Abadi merupakan perusahaan leather and leathergoods manufacturing yang terletak di daerah Piyungan, Bantul, Yogyakarta. PT ASA merupakan perusahaan yang mengolah bahan mentah menjadi bahan setengah jadi berupa lembaran kulit yang dijadikan sebagai bahan baku dalam pembuatan produk work glove dan glove. Bahan baku yang digunakan berasal dari kulit kambing dan domba. Proses produksi dilakukan dengan empat tahap yaitu sortasi, proses basah, proses kering dan seleksi. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki lingkungan kerja dan sistem kerja pada produksi kering guna meningkatkan jumlah produk dengan menggunakan metode Macroergonomic Analysis and Design (MEAD). Metode Macroergonomic Analysis and Design (MEAD) merupakan salah satu metode penerapan dalam ilmu ergonomi makro yang terdiri dari sepuluh tahapan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada lantai produksi kering dapat diketahui bahwa perusahaan belum memperhatikan kondisi kondisi pekerja seperti perusahaan belum menerapkan Alat Pelindung Diri (APD), lingkungan kerja seperti suhu ruangan yang panas yaitu rata-rata berkisar 31˚C dan suasana bising yaitu 97 dB, 94 dB, dan 95 dB di stasiun kerja setter, milling dan stacking yang dapat memicu adanya tingkat kelelahan bagi pekerja. Perbaikan lingkungan kerja dan sistem kerja yang diimplementasikan adalah pengadaan Alat Pelindung Diri (APD), pengadaan sosialisasi Alat Pelindung Diri (APD), pengadaan display, dan perbaikan waktu istirahat guna meningkatkan jumlah produk. Kata kunci : Ergonomi Makro, Macroergonomic Analysis and Design (MEAD), Lingkungan Kerja, Sistem Kerja. xi ABSTRACT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Chemistry
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 29 Mar 2018 04:26
Last Modified: 29 Mar 2018 04:26
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14825

Actions (login required)

View Item View Item