STRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS PT PERTAMINA (PERSERO) MARKETING OPERATION REGION IV (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Media Relations Humas Dalam Menangani Kasus Kelangkaan LPG 3 Kg di Semarang)

Sari, Putri Andhika (2018) STRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS PT PERTAMINA (PERSERO) MARKETING OPERATION REGION IV (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Media Relations Humas Dalam Menangani Kasus Kelangkaan LPG 3 Kg di Semarang). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1.cover skripsi.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.halaman pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.daftar isi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Strategi media relations diterapkan oleh Humas PT Pertamina (Persero) MOR IV dalam menangani kasus kelangkaan LPG 3 Kg di Semarang guna memperbaiki dan menjaga citra maupun reputasi positif dimata masyarakat sebagai “Badan Usaha Milik Negara” (BUMN) yang menjalankan usaha minyak, gas, serta energi sudah dikenal luas di Indonesia bahkan luar negeri. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi media relations yang digunakan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV dalam menangani kasus kelangkaan LPG 3 kg di Semarang. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori Sibernetika yang memandang suatu sistem yang kompleks di mana berbagai elemen yang terdapat di dalamnya saling berinteraksi dan saling mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu Indepth Interview, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa strategi media relations yang telah dilakukan oleh Humas PT Pertamina MOR IV (Persero) bersifat formal dan informal. Program media relations yang bersifat formal didasari dengan adanya planning and programming, implementasi, dan evaluasi program yang menjadi tanggung jawab menajemen perusahaan mengenai program yang dibuat. Aktivitas media relations bersifat formal, antara lain: press release, media interviews, media gathering, dan special event yang mengundang para media, sedangkan aktivitas media relations yang bersifat informal, antara lain hubungan personal yang dilakukan oleh praktisi Humas kepada rekan jurnalis media massa, sehingga dalam pelaksanaanya tidak bersifat kelembagaan, saling terbuka dan hubungan seperti teman. Kata Kunci: Strategi, Media Relations, Humas, Penanganan, LPG 3 Kg

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:11
Last Modified: 29 Mar 2018 03:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14811

Actions (login required)

View Item View Item