STRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS PT PERTAMINA (PERSERO) MARKETING OPERATION REGION IV (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Media Relations Humas Dalam Menangani Kasus Kelangkaan LPG 3 Kg di Semarang)

Sari, Putri Andhika (2018) STRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS PT PERTAMINA (PERSERO) MARKETING OPERATION REGION IV (Studi Deskriptif Kualitatif Strategi Media Relations Humas Dalam Menangani Kasus Kelangkaan LPG 3 Kg di Semarang). Other thesis, Univesitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1.cover skripsi.pdf]
Preview
Text
1.cover skripsi.pdf

Download (46kB) | Preview
[thumbnail of 2.halaman pengesahan.pdf]
Preview
Text
2.halaman pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.daftar isi.pdf]
Preview
Text
3.daftar isi.pdf

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 4.abstrak.pdf]
Preview
Text
4.abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Strategi media relations diterapkan oleh Humas PT Pertamina (Persero)
MOR IV dalam menangani kasus kelangkaan LPG 3 Kg di Semarang guna
memperbaiki dan menjaga citra maupun reputasi positif dimata masyarakat
sebagai “Badan Usaha Milik Negara” (BUMN) yang menjalankan usaha
minyak, gas, serta energi sudah dikenal luas di Indonesia bahkan luar negeri.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi media relations
yang digunakan PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV
dalam menangani kasus kelangkaan LPG 3 kg di Semarang. Dalam penelitian
ini, penulis menggunakan teori Sibernetika yang memandang suatu sistem
yang kompleks di mana berbagai elemen yang terdapat di dalamnya saling
berinteraksi dan saling mempengaruhi. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu Indepth Interview,
observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dan pembahasan menunjukan
bahwa strategi media relations yang telah dilakukan oleh Humas PT Pertamina
MOR IV (Persero) bersifat formal dan informal. Program media relations yang
bersifat formal didasari dengan adanya planning and programming,
implementasi, dan evaluasi program yang menjadi tanggung jawab menajemen
perusahaan mengenai program yang dibuat. Aktivitas media relations bersifat
formal, antara lain: press release, media interviews, media gathering, dan
special event yang mengundang para media, sedangkan aktivitas media
relations yang bersifat informal, antara lain hubungan personal yang dilakukan
oleh praktisi Humas kepada rekan jurnalis media massa, sehingga dalam
pelaksanaanya tidak bersifat kelembagaan, saling terbuka dan hubungan
seperti teman.
Kata Kunci: Strategi, Media Relations, Humas, Penanganan, LPG 3 Kg

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 29 Mar 2018 03:11
Last Modified: 29 Mar 2018 03:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14811

Actions (login required)

View Item View Item