FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Komparasi antara Perusahaan Non Manufaktur Non Keuangan dengan Perusahaan Manufaktur)

PRAMESWARINI, FRIDA (2018) FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBIJAKAN HUTANG PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Studi Komparasi antara Perusahaan Non Manufaktur Non Keuangan dengan Perusahaan Manufaktur). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh kepemilikan institusi, profitabilitas, pertumbuhan perusahaan, dan kriteria perusahaan terhadap kebijakan hutang. Populasi penelitian ini adalah perusahaan non manufaktur non keuangan dan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 96 perusahaan non manufaktur non keuangan dan 114 perusahaan manufaktur, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan variabel dummy. Hasil analisis data menunjukkan bahwa variabel kepemilikan institusi tidak berpengaruh terhadap kebijakan hutang. Hasil dari variabel profitabilitas memiliki pengaruh negatif terhadap kebijakan hutang, sedangkan variabel pertumbuhan berpengaruh positif terhadap kebijakan hutang. Hasil dari perbandingan karakteristik perusahaan menunjukkan bahwa perusahaan non manufaktur non keuangan menggunakan hutang lebih besar dibandingkan dengan perusahaan manufaktur. Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh terhadap kebijakan hutang. Kata kunci : Long-term Debt to Equity Ratio, Institutional Ownership, Return On Assets, Assets Growth Ratio, Company Characteristic

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Sarimin Sarimin
Date Deposited: 27 Mar 2018 02:44
Last Modified: 27 Mar 2018 02:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14737

Actions (login required)

View Item View Item