ANALISIS PENJADWALAN PRODUKSI BATCH FLOWSHOP DENGAN PENDEKATAN THEORY OF CONSTRAINT (Studi kasus di PT Supratik Suryamas, Yogyakarta)

Yuwana, Nanda Agung (2018) ANALISIS PENJADWALAN PRODUKSI BATCH FLOWSHOP DENGAN PENDEKATAN THEORY OF CONSTRAINT (Studi kasus di PT Supratik Suryamas, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Scan Lembar Pengesahan dengan tanda tangan.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PT. Supratik Suryamas merupakan perusahaan yang memproduksi produk plastik berbahan dasar bijih plastik yang berkarakteristik Make To Order (MTO) Flowshop Repetitif. Pada Tahun 2016 perusahaan sering mengalami out standing atau tidak terpenuhinya pesanan sebelum due date yang telah ditentukan, hal tersebut diakibatkan menumpuknya produk Work In Process (WIP) atau produk setengah jadi pada salah satu stasiun kerjanya. Dibutuhkan penyelesaian permasalahan dengan melakukan penjadwalan produksi yang baik agar aliran proses produksi di setiap stasiun kerja bisa berjalan dengan lancar. Berdasarkan permasalahan diatas, penjadwalan produksi menggunakan pendekatan Theory Of Constraint (TOC) dengan metode Drum Buffer Rope (DBR) adalah langkah yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Manufacturing Lead Time (MLT) akan diidentifikasi untuk melakukan Penjadwalan Produksi seluruh pemesanan selama 2016. Kemudian metode tersebut juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi stasiun kendala dan mengurangi bottleneck, sehingga aliran proses produksi bisa tetap terjaga. Stasiun kerja yang menjadi konstrain adalah stasiun kerja memotong gates karena memiliki nilai beban kerja tertinggi yaitu sebesar 0,472, nilai tersebut masih termasuk beban kerja ringan, namun jika tidak diperhatikan akan menyebabkan terjadinya cedera. Kemudian untuk mengurangi terjadinya bottleneck akan diberikan buffer times agar aliran proses ke masing-masing stasiun kerja bisa berjalan lancar. Seluruh hasil yang diperoleh dalam penelitian ini akan mampu untuk memberikan usulan pada perusahaan untuk menentukan due date dan melakukan penjadwalan produksi yang baik. Kata kunci: Penjadwalan Produksi, Theory Of Constraint, Drum Buffer Rope, Manufacturing Lead Time.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 27 Mar 2018 02:32
Last Modified: 27 Mar 2018 02:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14735

Actions (login required)

View Item View Item