Analisis Komunikasi Penanganan Keluhan Guest Relations Officer dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Deskriptif Kualitatif di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta)

Herli Suharyati, Fitriana (2017) Analisis Komunikasi Penanganan Keluhan Guest Relations Officer dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan (Studi Deskriptif Kualitatif di Hotel Hyatt Regency Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK Penanganan Keluhan (1).pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (685kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (906kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi penanganan keluhan yang dilakukan oleh Guest Relation Officer sehingga akan meningkatnya loyalitas pelanggan. Keluhan adalah suatu tanda rasa ketidakpuasan pelanggan terhadap pelayanan baik secara teknis maupun non teknis ataupun terhadap produk. Komunikasi yang dilakukan Guest Relation Officer Hyatt Regency Yogyakarta dalam menangani keluhan menerapkan langkah-langkah yang dianggap efektif dengan tujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan observasi dan wawancara sebagai data primer serta studi pustaka berupa data dari buku dan literatur terkait sebagai data sekunder. Objek dalam penelitian ini yaitu penanganan keluhan tersebut. Uji validitas yang dilakukan menggunakan teknik triangulasi, yaitu membandingkan dan mengecek ulang data yang didapat dari sumber yang berbeda. Sumber yang dikenai teknik tersebut, yaitu Guest Relation Officer, Public Relations Manager, dan Medallia. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penanganan yang dilakukan oleh Guest Relation Officer dapat dikatakan efektif. Hasil menunjukkan bahwa pelanggan atau tamu yang pernah komplain atau mengeluh, cenderung kembali menginap di Hyatt Regency Yogyakarta setelah ditangani oleh langkah-langkah atau proses komunikasi yang diterapkan oleh Guest Relation Officer. Terdapat kekurangan yang dirasa harus dilengkapi, yaitu penanganan keluhan secara intens dan continue terhadap tamu atau pelanggan yang menyampaikan keluhan dengan Medallia. Hal ini harus dilakukan agar tidak terdapat perbedaan golongan dalam penanganan keluhan. Kata Kunci : Penanganan Keluhan, Guest Relation Officer, Loyalitas Pelanggan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 24 Jan 2018 07:06
Last Modified: 24 Jan 2018 07:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14370

Actions (login required)

View Item View Item