PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK UNTUK MEMINIMASI JUMLAH CACAT MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi Kasus di Gedi Innovation, Yogyakarta)

Febryanto, Dwi Arie (2018) PENGENDALIAN KUALITAS PRODUK UNTUK MEMINIMASI JUMLAH CACAT MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi Kasus di Gedi Innovation, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Gedi Innovation bergerak di bidang industri percetakan. Produk yang dihasilkan Gedi Innovation antara lain Paper bag, Dus makanan, dan Undangan. Permasalahana yang dialami oleh perusahaan adalah tingginya tingkat kecacatan seperti warna tidak rata pada saat proses pencetakan, kertas rusak pada saat kesalahan pengaturan pada mesin cetak, beda ukuran pemotongan untuk pegangan paper bag, salah pemotongan pada saat membuat pola lipatan dus, dan warna tidak merata. Hal ini tentunya akan menyebabkan kerugian bagi perusahaan dari segi biaya material dan waktu produksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengurangi jumlah cacat yang terjadi dengan melakukan perbaikan dengan metode Six Sigma dan Kaizen. Six Sigma merupakan sebuah filosofi bagi manajemen perusahaan dan merupakan alat ukur bagi upaya organisasi untuk memperbaiki kualitas produk melalui perbaikan kualitas proses. Dalam Six Sigma terdapat siklus perbaikan lima fase yang umum digunakan yaitu dengan metodologi DMAIC. Konsep kaizen adalah berpandangan bahwa perusahaan dalam kegiatan bisnis harus selalu berfokus pada upaya perbaikan terus menerus. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa terdapat tiga jenis cacat yang ada pada produk Paper bag yaitu warna tidak rata, kertas rusak, dan beda ukuran. Pada produk Dus makanan terdapat tiga jenis cacat yaitu salah pemotongan, kertas rusak, dan warna pecah. Pada produk Undangan terdapat dua jenis cacat yaitu warna tidak rata dan salah pemotongan. Setelah dilakukan implementasi pada perusahaan dengan six sigma DMAIC didapatkan penurunan tingkat kecacatan, penurunan nilai DPMO dan peningkatan nilai six sigma. Kata Kunci: Kualitas, Six Sigma,DMAIC.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 24 Jan 2018 02:55
Last Modified: 24 Jan 2018 02:55
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14351

Actions (login required)

View Item View Item