ANALISIS PENERAPAN DOUBLE DECK DENGAN BOTTOM AIRDECK TERHADAP FRAGMENTASI BATUAN HASIL PELEDAKAN DI PIT WEST SITE LATI PT. DYNO NOBEL INDONESIA BERAU PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

SHUYOKO ADI, ARIF (2017) ANALISIS PENERAPAN DOUBLE DECK DENGAN BOTTOM AIRDECK TERHADAP FRAGMENTASI BATUAN HASIL PELEDAKAN DI PIT WEST SITE LATI PT. DYNO NOBEL INDONESIA BERAU PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan airdeck terhadap fragmentasi batuan Passing 80% dan digging time alat muat pada peledakan overburden batupasir. Berdasarkan hasil pengamatan pada metode double deck dengan bottom airdeck ditemukan permasalahan terhadap hasil fragmentasi yang belum sesuai kriteria dengan ukuran fragmentasi Passing 80 adalah 46 cm, digging time dari alat muat 13 detik dan rata-rata powder factor 0,25 kg/m 3 . Untuk meningkatkan fragmentasi batuan diterapkan usulan penempatan bahan peledak metode double deck dengan kombinasi middle dan bottom airdeck. Rancangan geometri peledakan yang menjadi usulan perbaikan fragmentasi adalah burden 9 m, spasi 10 m, stemming 3,5 m dan kedalaman lubang ledak 13 m. Desain penempatan bahan peledak yang diterapkan adalah stemming tengah sebesar 1,1 m, tinggi bottom airdeck sebesar 1 m, tinggi middle airdeck sebesar 0,68 m, panjang flexeal sebesar 8,3 m, powder charge sebesar 6,7 m, isian 1 sebanyak 117 kg, isian 2 sebanyak 152 kg, dengan nilai powder factor 0,23 kg/m 3 . Penggunaan kombinasi middle dan bottom airdeck menghasilkan fragmentasi yang baik dengan ukuran fragmentasi Passing 80 adalah 37,07 cm dan rata-rata digging time 11,80 detik. Rasio airdeck yang dapat diterapkan pada kondisi massa batuan di lokasi penelitian adalah 19%. Kata Kunci: digging time, fragmentasi, geometri peledakan, middle airdeck, powder factor.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 18 Jan 2018 02:58
Last Modified: 18 Jan 2018 02:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14245

Actions (login required)

View Item View Item