REPRESENTASI MAKNA WANITA HIJAB DALAM IKLAN WARDAH COSMETIC VERSI HALAL DARI AWAL

Nur Rahmah, Dewi (2017) REPRESENTASI MAKNA WANITA HIJAB DALAM IKLAN WARDAH COSMETIC VERSI HALAL DARI AWAL. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
IMG_0001.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Advertising is one of the marketing tools of producers in Indonesia especially through television advertising. Advertising have a function to explain information about the product to public. Due to high demands of idea to make an advertising more creative, Wardah Cosmetic have to be more inovatte than before. The aim of this research is analize the meaning of woman with hijab in “Halal dari Awal” advertising. This method use qualitative method. The technique of the research use an interview, literature riview, and many reference related with it. Analysis technique used in this study is Charles Sanders Pierce semiotic concept, that explain about a sign, an object, and an advertising interpretation. This research use 4 of 9 formulas, there are Communicator Motivation, Physical dan Social Contexts, Intertextuality, and Common Sense. The Advertising of Wardah tell about the woman with hijab put make up but it still looks natural. Results of the study wardah advertising “Halal dari Awal” version is woman with hijab represented as a beautiful, soft and graceful in Islamic attires. The “Halal dari Awal” version describe the natural beauty, modern and also dynamic at once. Wardah specially designed to increase the innerbeauty of the woman. Keywords: Television Ads, Woman with Hijab, Semiotics by Charles Sanders Pierce, Wardah version of the “Halal dari Awal”Ads. Iklan adalah salah satu senjata pemasaran produsen-produsen di Indonesia terutama melalui iklan televisi. Iklan memiliki fungsi utama untuk menyampaikan informasi suatu produk kepada khalayak. Banyaknya tuntutan ide kreatif dalam pembuatan iklan membuat Wardah Cosmetic harus semakin membuat inovasi dalam pembuatan iklannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna wanita hijab dalam iklan Wardah versi “Halal dari Awal”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, studi pustaka, serta referensi-referensi yang berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis yang digunakan menggunakan konsep Semiotika Charles Sanders Pierce yang membahas tentang tanda, objek, dan interpretasi iklan. Penelitian ini menggunakan 4 dari 9 formula, yakni Motivasi Komunikator, Konteks Fisik dan Sosial, Intertekstualitas, dan Common sense. Iklan Wardah menceritakan tentang wanita berhijab yang menggunakan make up namun terlihat tetap natural. Hasil penelitian dari iklan Wardah versi “Halal dari Awal” menyampaikan, bahwa makna kesetaraan antara wanita berhijab dan wanita yang tidak berhijab. Produk Wardah memberikan hasil make up yang natural dan teruji halal serta wanita berhijab direpresentasikan seperti bunga mawar yang cantik namun berduri. Kata Kunci: Iklan Televisi, Wanita Berhijab, Semiotika Charles Sanders Pierce, Iklan Wardah versi Halal dari Awal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 18 Jan 2018 02:22
Last Modified: 18 Jan 2018 02:22
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14242

Actions (login required)

View Item View Item