Rahmah, Dewi Nur (2017) REPRESENTASI MAKNA WANITA HIJAB DALAM IKLAN WARDAH COSMETIC VERSI HALAL DARI AWAL. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRACT.pdf Download (137kB) | Preview |
Preview |
Text
ABSTRAK.pdf Download (147kB) | Preview |
Preview |
Text
cover.pdf Download (179kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (95kB) | Preview |
Preview |
Text
IMG_0001.pdf Download (1MB) | Preview |
Text
daftar pustaka.pdf Download (217kB) |
|
Text
SKRIPSI-LENGKAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Advertising is one of the marketing tools of producers in Indonesia especially
through television advertising. Advertising have a function to explain information
about the product to public. Due to high demands of idea to make an advertising
more creative, Wardah Cosmetic have to be more inovatte than before. The aim of
this research is analize the meaning of woman with hijab in “Halal dari Awal”
advertising. This method use qualitative method. The technique of the research
use an interview, literature riview, and many reference related with it. Analysis
technique used in this study is Charles Sanders Pierce semiotic concept, that
explain about a sign, an object, and an advertising interpretation. This research
use 4 of 9 formulas, there are Communicator Motivation, Physical dan Social
Contexts, Intertextuality, and Common Sense. The Advertising of Wardah tell
about the woman with hijab put make up but it still looks natural. Results of the
study wardah advertising “Halal dari Awal” version is woman with hijab
represented as a beautiful, soft and graceful in Islamic attires. The “Halal dari
Awal” version describe the natural beauty, modern and also dynamic at once.
Wardah specially designed to increase the innerbeauty of the woman.
Keywords: Television Ads, Woman with Hijab, Semiotics by Charles Sanders
Pierce, Wardah version of the “Halal dari Awal”Ads.
Iklan adalah salah satu senjata pemasaran produsen-produsen di Indonesia
terutama melalui iklan televisi. Iklan memiliki fungsi utama untuk menyampaikan
informasi suatu produk kepada khalayak. Banyaknya tuntutan ide kreatif dalam
pembuatan iklan membuat Wardah Cosmetic harus semakin membuat inovasi
dalam pembuatan iklannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis makna
wanita hijab dalam iklan Wardah versi “Halal dari Awal”. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan wawancara, studi pustaka, serta referensi-referensi yang
berkaitan dengan penelitian. Teknik analisis yang digunakan menggunakan
konsep Semiotika Charles Sanders Pierce yang membahas tentang tanda, objek,
dan interpretasi iklan. Penelitian ini menggunakan 4 dari 9 formula, yakni
Motivasi Komunikator, Konteks Fisik dan Sosial, Intertekstualitas, dan Common
sense. Iklan Wardah menceritakan tentang wanita berhijab yang menggunakan
make up namun terlihat tetap natural. Hasil penelitian dari iklan Wardah versi
“Halal dari Awal” menyampaikan, bahwa makna kesetaraan antara wanita
berhijab dan wanita yang tidak berhijab. Produk Wardah memberikan hasil make
up yang natural dan teruji halal serta wanita berhijab direpresentasikan seperti
bunga mawar yang cantik namun berduri.
Kata Kunci: Iklan Televisi, Wanita Berhijab, Semiotika Charles Sanders Pierce,
Iklan Wardah versi Halal dari Awal
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Iklan Televisi, Wanita Berhijab, Semiotika Charles Sanders Pierce, Iklan Wardah versi Halal dari Awal |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eko Yuli |
Date Deposited: | 18 Jan 2018 02:22 |
Last Modified: | 08 May 2024 01:42 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14242 |
Actions (login required)
View Item |