PERAN THE SPECIAL REPRESENTATIVE OF THE SECRETARY - GENERAL FOR CHILDREN AND ARMED CONFLICT (SRSG - CAAC) DALAM UPAYA MENANGANI KASUS PEREKRUTAN TENTARA ANAK (CHILD SOLDIERS) DI WILAYAH KONFLIK STUDI KASUS: AFGANISTAN

ANGGITA WIDYARI DEWI, PANDE NYOMAN (2017) PERAN THE SPECIAL REPRESENTATIVE OF THE SECRETARY - GENERAL FOR CHILDREN AND ARMED CONFLICT (SRSG - CAAC) DALAM UPAYA MENANGANI KASUS PEREKRUTAN TENTARA ANAK (CHILD SOLDIERS) DI WILAYAH KONFLIK STUDI KASUS: AFGANISTAN. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Abstrak Skripsi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover Skripsi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi Skripsi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan peran SRSG-CAAC dalam upaya menangani kasus perekrutan tentara anak di Afganistan tahun 2011 – 2016. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada adanya konflik bersenjata berkepanjangan yang terjadi di Afganistan hingga menimbulkan isu tentara anak yang digunakan oleh angkatan bersenjata pemerintah maupun kelompok bersenjata anti-pemerintah. Oleh karena itulah, SRSG-CAAC sebagai salah satu perwakilan khusus PBB yang menangani anak-anak terdampak konflik melakukan perannya untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep peran organisasi internasional. Dengan menggunakan kerangka pemikiran tersebut, diperoleh temuan bahwa SRSG-CAAC melakukan upaya dalam menanggulangi isu tentara anak di Afganistan melalui kegiatan peacemaking dengan melakukan kegiatan MRM dan kunjungan lapangan untuk mendapatkan data tentang tentara anak dan peacebuilding melalui kerjasama dengan pemerintah Afganistan serta aktor internasional. Kata Kunci: peran, SRSG-CAAC, tentara anak, Afganistan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 08 Jan 2018 03:06
Last Modified: 08 Jan 2018 03:06
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/14019

Actions (login required)

View Item View Item