PENGGUNAAN BAHASA JURNALISTIK PADA PEMBERITAAN PERISTIWA AKSI BELA ISLAM 411 DI REPUBLIKA.CO.ID (Analisis Isi Berita pada Rubrik Khazanah Periode 3 - 25 November 2016)

Hidayat, Derry Nur (2017) PENGGUNAAN BAHASA JURNALISTIK PADA PEMBERITAAN PERISTIWA AKSI BELA ISLAM 411 DI REPUBLIKA.CO.ID (Analisis Isi Berita pada Rubrik Khazanah Periode 3 - 25 November 2016). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER pdf.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK PDF.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI pdf.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pemberitaan mengenai “Aksi Bela Islam 411” di Jakarta merupakan peristiwa penting yang menyangkut penistaan agama oleh terdakwa Basuki Thahaja Purnama alias Ahok. Berawal dari Ahok yang mengutip surat Al- Maidah ayat 51 pada saat kunjungan kerja di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu. Penelitian ini berjudul “Penggunaan Bahasa Jurnalistik Pada Pemberitaan Peristiwa “Aksi Bela Islam 411” di rubrik Khazanah Republika.co.id periode 3 – 25 November 2016”. Penelitian juga ingin melihat bagaimana mengimplementasikan Kode Etik Jurnalistik dan terkait kesesuaian Kode Etik Jurnalistik mengenai pemberitaan di Republika.co.id dalam penulisan berita.Jenis penelitian ini menggunakan analisis isi kuantitatif dengan menggunakan pendekatan teori tanggung jawab sosial. Teori tanggung jawab sosial lebih menekankan pada pandangan media terhadap pemberitaan dan loyalitas kepada masyarakat terhadap memberikan informasi yang berimbang dan akurat. Sedangkan Kode Etik Jurnalistik lebih kepada wartawan untuk menaati etika dalam menulis berita.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam kecepatan media online memberikan informasi terutama penggunaan bahasa jurnalistik dalam pemberitaan “Áksi Bela Islam 411” yang digunakan sudah cukup baik sesuai karateristik bahasa jurnalistik. Jika dikaitkan dengan mengimplementasikan Kode Etik Jurnalistik, bahwa media online Republika.co.id sudah sepenuhnya menaati peraturan di dalam memberikan informasi.Penelitian ini mempunyai saran yaitu, seharusnya Republika.co.id menyesuaikan penulisan sesuai karakter di rubrik Khazanah yang bernafaskan Islam dengan cara memperbanyak istilah Islam didalam penulisan berita dan tetap sesuai pada kaidah-kaidah bahasa jurnalistik yang baik dan benar.. Kata Kunci : Bahasa Jurnalistik, Tanggung Jawab Sosial, Kode Etik Jurnalistik, Analisis Isi dan Aksi Bela Islam 411. xiv

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 22 Dec 2017 02:36
Last Modified: 22 Dec 2017 02:36
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13948

Actions (login required)

View Item View Item