Ayudhita, Cyera (2017) MOTIVASI KERJA KARYAWAN GENERASI Y (Studi Pada PT. Maliome Digital Indonesia di Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTRAKSI.pdf Download (154kB) | Preview |
Preview |
Text
COVER.pdf Download (81kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (98kB) | Preview |
Preview |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (500kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran motivasi
kerja karyawan generasi Y dan aspek-aspek apa saja yang mempengaruhi
motivasi kerja karyawan generasi Y di PT. Maliome Digital Indonesia. Jenis
penelitian ini diskriptif dengan pendekatan kualitatif, sehingga hasil dari
penelitian ini berupa teks naratif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
teknik focus group discussion (FGD) oleh empat orang karyawan generasi Y,
wawancara oleh pemimpin/direktur dan observasi langsung di kantor
PT.Maliome Digital Indonesia.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi kerja karyawan
generasi Y di PT. Maliome Digital Indonesia baik atau cukup tinggi. Seluruh
aspek yang ada pada aspek motivasi dua faktor Herzberg mempengaruhi
motivasi kerja karyawan generasi Y, hanya saja terdapat tiga aspek yang sangat
menarik dalam penelitian ini. Berikut tiga aspek motivasi yang menarik dalam
penelitian; (1) Aspek gaji, karyawan generasi Y merasa bahwa gaji tidak
sepenuhnya memotivasi mereka, hadiah berupa kegiatan bepergian atau hadiah
yang bersangkutan dengan moment atau experience justru lebih memotivasi
mereka. (2) Aspek responsibility, aspek ini tidak begitu mempengaruhi motivasi
mereka karena mereka terkadang mendapat tanggung jawab yang hanya itu-itu
saja dan dilakukan dalam jangka waktu yang lama sehingga mereka merasa
jenuh dan bosan. (3) Aspek recognition, sangat penting dalam memotivasi
mereka, baik pengakuan dari rekan kerja ataupun keluarga. Hanya saja mereka
sulit mendapat pengakuan dari keluarga mereka yang tidak mengerti (tidak
paham) akan jenis pekerjaan mereka.
Saran dari penelitian ini ada 3, yaitu; (1) Memberikan reward kepada
karyawan yang berprestasi baik dalam bentuk financial, maupun non-financial.
(2) Mempublikasikan identitas perusahaan di segala media agar perusahaan lebih
dikenal. (3) Melakukan monitoring (pengawasan) kerja dan evaluasi akan
kesesuaian kerja dengan job-desk atau batas kemampuan karyawannya dan
bagaimana performa kerja mereka.
Kata kunci : Motivasi Kerja, Generasi Y, Teori Motivasi Dua Faktor
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 01:53 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 01:53 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13397 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |