FILM DRAMA KOREA DAN PERILAKU IMITASI (Pengaruh Terpaan Tayangan Drama Korea di Televisi terhadap Perilaku Imitasi Korean Style pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UPN “ Veteran” Yogyakarta)

Wahyuningsih, Nurendah (2017) FILM DRAMA KOREA DAN PERILAKU IMITASI (Pengaruh Terpaan Tayangan Drama Korea di Televisi terhadap Perilaku Imitasi Korean Style pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UPN “ Veteran” Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (66kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Media televisi menyajikan berbagai hal yang populer. Salah satu program yang populer saat ini adalah penayangan drama Korea. Tayangan ini tentunya akan memberikan pengaruh dalam kehidupan masyarakat. Salah satu pengaruh yang dapat dirasakan saat ini adalah gaya berpenampilan ala Korea yang sedang menjadi trend fashion di kebanyakan masyarakat umum terutama kaum muda, kalangan khusus yang dalam penelitian ini bisa kita sebut Kdrama lover. Tujuan penelitian ini (1) untuk mendapatkan informasi mengenai style fashion apa yang diimitasi oleh masyarakat, khususnya Kdrama lover. (2) Mendeskripsikan perilaku imitasi terhadap style Korea. (3) Untuk mengetahui penyebab masyarakat menyukai drama Korea yang memicu perilaku imitasi Korean style. Teori yang digunakan adalah uses and gratifications. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan metode survai dengan menyebarkan kuesioner kepada 42 orang responden yang dilakukan dengan teknik sampling secara acak. Penelitian ini menggunakan statistik untuk menguji pengaruh terpaan tayangan drama Korea di televisi sebagai variabel bebas, perilaku imitasi Korean style sebagai variabel terikat, dengan faktor individu dan faktor sosial sebagai variabel antara. Hasil penelitian ini membuktikan hipotesis alternatif pertama dengan signifikansi sebesar 0,736 > 0,05 sesuai dengan interpretasi koefisien korelasi antara 0,60 – 0,799 dinyatakan kuat dan hipotesis alternatif kedua dengan angka signifikansi sebesar 0.575 > 0,05 dinyatakan sedang, sehingga hipotesis alternatif pertama dan kedua dinyatakan terbukti, hal ini membuktikan bahwa terdapat hubungan yang kuat dari terpaan tayangan drama korea di televisi terhadap perilaku imitasi Korean style pada mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UPN “Veteran” Yogyakarta yang didukung oleh faktor individu dan faktor sosial. Kata Kunci : drama Korea, imitasi Korean style.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Oct 2017 07:32
Last Modified: 19 Oct 2017 07:32
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13390

Actions (login required)

View Item View Item