PERANCANGAN MEJA BATIK TULIS PADA SENTRA BATIK PLALANGAN (studi kasus di Sentra Industri Batik Plalangan, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta)

Hendra Kusuma, Vicky (2017) PERANCANGAN MEJA BATIK TULIS PADA SENTRA BATIK PLALANGAN (studi kasus di Sentra Industri Batik Plalangan, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta). Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Sentra Batik Plalangan merupakan salah satu sentra pembuatan batik yang ada di daerah Plalangan, Pandowoharjo, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Sentra batik plalangan menggunakan pewarna alam sebagai pewarna batik. Sentra Batik Plalangan sering mengalami kelelahan dalam membuat pola batik. Karena tidak ada fasilitas alat bantu untuk pembuatan pola batik sehingga pekerja mengalami cepat lelah membuat pekerjaan selesai terlalu lama. Oleh karena itu perlu dirancang meja batik tulis yang tidak saja membuat pekerjaan menjadi nyaman serta ergonomis namun juga memperpendek waktu proses hasil pembuatan pola batik. Dalam penelitian ini pengidentifikasian bagian-bagian tubuh yang mengalami keluhan digunakan kuesioner Nordic Body Maps. Kemudian perancangan meja pola batik dilakukan dengan metode Pahl and Beitz. Meja dirancang secara ergonomis dengan memperhatikan atribut meliputi meja pola batik yang nyaman saat digunakan, meja mudah dioperasikan, pola dasar batik terlihat jelas, meja pola batik yang memiliki kualitas lebih baik, meja pola batik yang tidak cepat membuat lelah, dan meja pola batik yang perawatannya mudah. Perancangan meja pola batik diwujudkan dalam bentuk nyata. Pengujian meja pola batik dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif dengan melibatkan pengguna dan ketua sentra. Hasil identifikasi berdasarkan kuesioner Nordic Body Map diketahui bahwa pekerja mengalami keluhan paling banyak pada stasiun kerja pembuatan pola batik. Kemudian penelitian ini menunjukkan bahwa meja pola batik yang dirancang dapat menurunkan keluhan pembuat pola batik dan pekerjaan dilakukan secara ergonimis. Secara kualitatif hasil kuesioner menunjukan bahwa meja pola batik mudah dioperasikan, nyaman pada saat digunakan, dan mudah dalam melakukan perawatan. Dari sisi pengguna, meja pola batik yang dirancang dapat menurunkan tingkat kelelahan pekerja, dari 39,03% menjadi 30,69%. Uji tingkat kepuasan pengguna sebesar 4,66 dari skala 5, hal ini berarti meja pola batik masuk dalam klasifikasi baik. Penelitian selanjutnya difokuskan pada harga meja pola batik, penambahan kapasitas papan meja, peningkatan kepresisian meja batik tulis. Kata Kunci : perancangan meja batik tulis, Nordic Body Map, Pahl and Beitz, ergonomis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:49
Last Modified: 19 Oct 2017 04:49
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13380

Actions (login required)

View Item View Item