RIZKI, DEWI AMELIA (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN WONOSOBO DALAM MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
|
Text
COVER.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
halaman pengesahan.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (207kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Wonosobo adalah sebuah kota yang memiliki objek wisata yang sangat bervariasi, diantaranya dataran tinggi, candi, telaga, dan kawah yang tidak dapat di temui di tempat lain. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo (Diparbud) sebagai pengelola objek wisata Wonosobo telah melakukan berbagai upaya pengembangan sektor wisata secara berkesinambungan. Namun sampai saat ini upaya tersebut dapat dikatakan belum mencapai target karena banyak wisatawan yang tidak mengetahui tentang keberadaan objek wisata di Wonosobo. Permasalahan dalam penelitian yaitu bagaimana komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Dengan menggunakan konsep bauran promosi yang berkesinambungan antara satu dengan yang lainnya dan juga teori analisis AISAS maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Diparbud Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun objek penelitian adalah promosi Diparbud Kabupaten Wonosobo dan bauran media yang digunakan dalam kegiatan promosi. Teknik pengumpulan data dilakukan secara deskriptif, untuk memberikan deskripsi mengenai subjek penelitian yaitu Diparbud Kabupaten Wonosobo. Untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan dengan tringaluasi sumber dan data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo telah melakukan upaya pengembangan promosi secara berkesinambungan. Penggunaan media promosi sudah dilakukan secara lengkap seperti penggunaan iklan, public relations, personal selling, sales promotion, dan direct marketing. Namun kuantitas penggunaan media promosi masih kurang dan hal ini mengakibatkan tidak tercapainya target pengembangan objek wisata Wonosobo. Jadi letak kelemahan dari promosi wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo adalah kurangnya kesadaran diparbud dalam pemanfaatan media promosi. Kata kunci : Komunikasi pemasaran, Diparbud, Wisatawan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 04:32 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 04:32 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13282 |
Actions (login required)
View Item |