PENGEMBANGAN MODEL SISTEM DINAMIS PARKIR ON-STREET GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Sleman, Yogyakarta)

Putri Maharani, Cheka (2017) PENGEMBANGAN MODEL SISTEM DINAMIS PARKIR ON-STREET GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (Studi Kasus pada Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Kabupaten Sleman, Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. COVER.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

UPT Perparkiran Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika merupakan instansi pemerintah daerah yang menangani masalah perparkiran baik parkir on-street maupun of-street di Kabupaten Sleman. Parkir on-street atau parkir tepi jalan umum merupakan merupakan sistem dinamis karena dipengaruhi banyak variabel dan jumlah kendaraan yang parkir berubah-ubah setiap waktu. Parkir on-street menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berpotensi terus meningkat. Permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan parkir on-street adalah pendapatan retribusi parkir on-street yang diterima tidak sesuai dengan potensi yang ada. Penelitian ini mengembangkan model sistem dinamis parkir on-street dan mensimulasikan model tersebut guna meningkatkan PAD menggunakan software Powersim Studio 9. Penelitian diawali dengan penyusunan causal loop diagram untuk melihat hubungan timbal balik antar variabel dan stock flow diagram untuk merumuskan formulasi matematis dari model. Hasil simulasi dilakukan uji validasi menggunakan perbandingan rata-rata (mean comparison) dan validasi struktur oleh ahli. Pada penelitian ini dilakukan pembangkitan sebanyak 2 aslternatif skenario kebijakan untuk mengetahui model pengelolaan pendapatan parkir on-street terbaik. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisis, model parkir on-street dikembangkan dengan menambahkan dinamisasi variabel yang mempengaruhi jumlah kendaraan yang parkir dalam menentukan penerimaan retribusi. Hasil simulasi dari kedua skenario kebijakan dilakukan pengujian tingkat error yang menghasilkan rekomendasi model pengelolaan pendapatan parkir on-street yaitu model skenario 1 dengan cara penetapan persentase bagi hasil antara Pemerintah Daerah sebesar 25%, pengelola parkir sebesar 40%, dan juru parkir sebesar 35%. Model kebijakan ini diprediksi menghasilkan PAD dari retribusi tepi jalan umum selama 1 tahun pertama sebesar Rp218.356.749,53,-, meningkat sebesar 354,9% dibanding sistem sebelumnya yang hanya Rp48.000.000,-. Kata kunci: simulasi, sistem dinamis, parkir on-street, retribusi tepi jalan umum, Pendapatan Asli Daerah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 04 Oct 2017 03:52
Last Modified: 04 Oct 2017 03:52
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13173

Actions (login required)

View Item View Item