MANAJEMEN KOMUNIKASI PARIWISATA KELOMPOK SADAR WISATA GOA PINDUL UNTUK MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Kelompok Sadar Wisata Dewa Bejo)

PRISTAWATI, PUTRI (2017) MANAJEMEN KOMUNIKASI PARIWISATA KELOMPOK SADAR WISATA GOA PINDUL UNTUK MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN MASYARAKAT (Studi Kasus Pada Kelompok Sadar Wisata Dewa Bejo). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Goa Pindul yang terletak di Dusun Gelaran I, Bejiharjo, Karangmojo memiliki potensi wisata yang tinggi di Gunung Kidul dengan eksistensi yang tinggi untuk menjadi icon wisata Gunung Kidul. Dewa Bejo (Desa Wisata Bejiharjo) merupakan perintis dari Kelompok Sadar Wisata atau biasa disebut Pokdarwis di Goa Pindul. Setelah lahirnya Dewa Bejo, banyak pokdarwis baru yang bermunculan. Hal ini menambah kesulitan komunikasi pariwisata yang dilakukan oleh Dewa Bejo. Pokdarwis-pokdarwis tersebut melakukan komunikasi pariwisata yang bersamaan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Goa Pindul melalui pelayanan jasa pokdarwisnya masing-masing. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana manajemen komunikasi pariwisata antar Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Goa Pindul dalam pengelolaan Goa Pindul dalam upaya meningkatkan minat kunjungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi pariwisata Kelompok Sadar Wisata Goa Pindul dalam rangka mengembangkan objek wisata dan menjaring konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus deskriptif. Data diperoleh dari wawancara dengan narasumber, observasi di lapangan, dokumentasi, dan studi pustaka. Kelompok sadar wisata Dewa Bejo merupakan sentral dari Community Based Tourism yang ada di Bejiharjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pokdarwis Dewa Bejo sudah melakukan manajemen komunikasi pariwisata dengan baik dengan memanfaatkan sumber daya masyarakat sekitar. Dewa Bejo melakukan promosi yang dilakukan melalui website, media sosial, dan brosur. Namun terbatasnya SDM membuat informasi yang disampaikan melalui media tersebut kurang up to date dan masyarakat kurang tertarik memanfaatkan media tersebut dan lebih memilih bertanya kepada teman dan kerabatnya yang sudah pernah ke Goa Pindul terlebih dahulu. Kata Kunci: Perintis, Goa Pindul, Dewa Bejo, Komunikasi Pariwisata, Community Based Tourism

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 03 Oct 2017 07:11
Last Modified: 03 Oct 2017 07:11
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13150

Actions (login required)

View Item View Item