RICAT R. ACHMAD, MUHAMMAD (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK MINUMAN KOPI (Studi pada Blackbone Coffee Shop Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
Preview |
Text
ABSTAKSI.pdf Download (156kB) | Preview |
Preview |
Text
cover - Copy.pdf Download (78kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) | Preview |
Preview |
Text
lbr pengesahan.pdf Download (46kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memengaruhi
kepuasan pelanggan pada Blackbone coffee. Jenis penelitian exploratory dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode systematic random sampling
dengan ukuran sampel 50 responden melalui penyebaran di warung Blackbone coffee.
Pengambilan variabel dalam penelitian ini menggunakan 3 teknik. Teknik pertama
adalah memecah faktor yang terdapat pada teori. Teknik kedua adalah mengambil variabel
dari penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini. Teknik ketiga adalah wawancara
dengan 2 orang expert pada bidang kopi di Jogja pada tanggal 2 desember 2016.
Keseluruhan teknik pengambilan variabel ini menghasilkan 25 variabel yang kemudian diuji
menggunakan uji instrument dan terpilih 22 variabel untuk dianalisis menggunakan analisis
faktor. Dalam analisis faktor dihilangkan 2 variabel karena tidak memenuhi syarat MSA dan
komunalitas, kemudian terpilih terpilihlah 20 variabel.
Hasil dari analisis faktor menunjukkan bahwa dari 20 variabel yang terekstraksi
menjadi 6 faktor baru, dan diberi nama baru (1) Faktor Harga dengan eigenvalue 7,510,
terdiri dari beberapa variabel yaitu; harga kopi di Blackbone setara dengan harga kopi di
coffee shop lainnya, variabel fasilitas di blackbone mencukupi variabel varian menu di
blackbone di balckbone sudah mencukupi, variabel harga kopi di blackbone lebih murah di
bandingkan dari coffee shop lainnya, variabel barista di blackbone ramah, dan variabel lokasi
di blackbone strategis. (2) faktor situasi dengan eigenvalue sebesar 1,832 terdiri atas
beberapa variabel yang meliputinya yaitu variabel suasana nyaman di blackbone variabel,
variabel barista di blackbone menguasai seluruh teknik pembuatan kopi variabel kru di
blackbone sopan, dan variabel Blackbone menjaga cita rasanya. (3) faktor kualitas pelayanan
dengan eigenvalue sebesar 1,452 terdiri atas beberapa variabel yang meliputi yaitu variabel
kru di blackbone cepat menanggapi dan variabel suasana di blackbone tenang. (4) faktor
persepsi dengan eigenvalue sebesar 1,298 yang terdiri atas beberapa variabel yang meliputi
yaitu variabel pengetahuan barista tentang kopi luas , variabel kecepatan download dengan
menggunakan wifi di blackbone cepat, variabel pengetahuan barista tentang kopi luas. (5)
faktor biaya dengan nilai eigenvalue sebesar1,125 yang terdiri atas beberapa variabel yang
meliputi yaitu variabel sinyal wifi di Blackbone kuat , variabel harga kopi di Blackbone
dengan harga kopi di coffee shop lainnya setara, dan variabel pelayanan di blackbone sudah
ramah. (6) faktor kualitas pelayanan dengan eigenvalue sebesar 1,069 yang terdiri atas
beberapa variabel yang meliputi yaitu variabel penyajian kopi di Blackbone memuaskan,
variabel Blackbone menyajikan kopi sesuai dengan porsinya.
Saran dari penelitian ini adalah terdapat 6 faktor yang memengaruhi kepuasan
pelanggan Blackbone coffee, maka perusahaan sebaiknya perlu memerhatikan faktor-faktor
tersebut guna merumuskan strategi pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan
konsumen. Untuk penelitian berikutnya, sebaiknya mencari lagi faktor-faktor yang
memengaruhi kepuasan pelanggan dengan variabel yang lebih banyak, populasi yang lebih
luas dan ukuran sampel yang lebih besar lagi sehingga dapat memperbarui konsep-konsep
yang sudah lama dengan menyesuaikan perkembangan perilaku konsumen saat ini.
Kata kunci: Analisis Faktor, Kepuasan Pelanggan, Blackbone Coffee.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 02 Oct 2017 08:22 |
Last Modified: | 02 Oct 2017 08:22 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/13113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |