STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA AIR PEMANDIAN UMBUL PONGGOK DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG (Study Deskriptif Kualitatif Tentang Umbul Ponggok)

Agasi, Antoni (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA AIR PEMANDIAN UMBUL PONGGOK DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG (Study Deskriptif Kualitatif Tentang Umbul Ponggok). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (102kB)
[thumbnail of zzzz-cover---lampiran.pdf] Text
zzzz-cover---lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Desa wisata merupakan aset yang masih perlu diasah pemanfaatannya
salah satunya melalui pelatihan oleh pemerintah maupun swasta guna
menciptakan kesejahteraan masyarakat desa wisata, agar mampu menjadi andalan
pariwisata daerah. Dalam mengembangkan obyek wisata tidak lepas dari peran
pemerintah setempat dan wisatawan, karena pemerintah setempat berperan
sebagai tolak ukur dari keberhasilan pengembangan obyek wisata, salah satu
obyek wisata yang berpotensial dikembangkan yaitu Umbul Ponggok. Penelitian
ini dilakukan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pemasaran obyek
wisataUmbul Ponggok setiap tahun mengalami peningkatan pengunjung.
Rumusan masalah dari penelitian ini yaituBagaimana strategi komunikasi
Pemasaran Desa Wisata Ponggok dalam meningkatkan kunjungan
wisatawan.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informan terdiri dari
para pengunjung lokasi, para pelaku wisata, kepala bidang pemasaran umbul
ponggok. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah kombinasi data primer
dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan wawancara,observasi dan
dokumentasi. Analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Dalam memenuhi keabsahan data penelitian ini digunakan triangulasi
dengan sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa Umbul Ponggok telah
melakukan strategi komunikasi pemasaranyakni menggunakan Advertising, Sales
Promotion, Personal Selling, dan Direct Marketing.Strategi komunikasi
pemasaran antara lain berfokus padaDirect Marketing sebagai media strategi
promosi seperti website, social media, banner, poster, dan word of mouth. Strategi
komunikasi pemasaran yang menonjolkan keunikan Umbul Ponggok yaitu
snorkeling dan diving air tawar untuk memenangkan persaingan dengan daerah
lain.
Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Pariwisata

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Pemasaran, Pariwisata
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 28 Sep 2017 02:39
Last Modified: 07 Nov 2023 03:15
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12999

Actions (login required)

View Item View Item