DIENG CULTURE FESTIVAL SEBAGAI AKTIVITAS BRANDING PARIWSATA KABUPATEN BANJARNEGARA

YUNINATA, DAMA (2017) DIENG CULTURE FESTIVAL SEBAGAI AKTIVITAS BRANDING PARIWSATA KABUPATEN BANJARNEGARA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (12MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aktivitas pariwisata di Indonesia setiap tahun semakin berkembang. Setiap daerah ingin menunjukan ciri khas dan potensi pariwisatanya untuk menarik wisatawan. Salah satu cara menunjukan ciri khasnya yaitu membentuk branding yang menarik. Branding akan memperkuat suatu destinasi pariwisata yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Banjarnegara merupakan salah satu kota yang membentuk branding baru untuk lebih mempromosikan potensi pariwisatanya. Banjarnegara memiliki Dieng Culture Festival sebagai salah satu daya tarik pariwisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana implementasi Dieng Culture Festival sebagai Aktivitas branding kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini bersifat kulitatif. Medote yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi deskriptif. Proses pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dari pembahasan hasil penelitian disimpulkan bahwa perencanaan dan pengimplementasian branding pariwisata Banjarnegara belum merata. Branding baru pariwisata Banjarnegara belum sekuat dan dikenal seperti Dieng Culture Festival. Branding baru belum mampu secara masif berpengaruh terhadap peningkatan kunjungan pariwisata. Kemudian juga langkah-langkah perencanaan dan pembuatan branding belum dibuat secara matang. Proses pengimplementasian branding pariwisata kurang dikomunikasikan dengan baik antara pihak-pihak yang mempunyai kontribusi pariwisata termasuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Dieng Kulon. Proses komunikasi antara pemerintah Banjarnegara dengan Pokdarwis belum terbentuk baik, baik dari visi misi hingga implementasi terhadap pariwisata Banjarnegara dan Kawasan Dieng. Kata Kunci : Dieng Culture Festival, Pariwisata Budaya, Branding, Banjarnegara

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 26 Sep 2017 02:21
Last Modified: 26 Sep 2017 02:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12961

Actions (login required)

View Item View Item