ANALISIS TEKS PEMBERITAAN INSIDEN ASRAMA PAPUA DI YOGYAKARTA PADA CNNINDONESIA.COM EDISI JULI 2016 (Analisis Wacana Pendekatan Critical Linguistic Theo Van Leeuwen)

ATMAJA, BARA ARTHA (2017) ANALISIS TEKS PEMBERITAAN INSIDEN ASRAMA PAPUA DI YOGYAKARTA PADA CNNINDONESIA.COM EDISI JULI 2016 (Analisis Wacana Pendekatan Critical Linguistic Theo Van Leeuwen). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pengepungan aparat kepolisisan terhadap asrama Papua di Yogyakarta, Juli 2016 telah menarik perhatian media lokal maupun internasional. Berita mengenai konflik telah menjadi favorit bagi media massa di Indonesia seperti televisi, surat kabar, hingga media online. Informasi tentang krisis atau konflik banyak ditemukan akan tetapi dari segi kualitas hal itu belum menjamin perbaikan situasi. Berita konflik yang dimuat oleh CNNIndonesia.com pada kolom fokus adalah hal menarik. Penelitian dengan judul “Analisis Teks Pemberitaan Insiden Asrama Papua di Yogyakarta Pada CNNIndonesia.com Edisi Juli 2016 (Analisis Wacana Pendekatan Critical Linguistic Theo Van Leeuwen). Bagaimana strategi CNNIndonesia.com mengembangkan wacana insiden asrama Papua di Yogyakarta yang terdapat dalam kolom Fokus. Sementara itu, manfaat penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi, masukan ataupun wawasan bagi akademisi Ilmu Komunikasi dalam pengembangan kajian terkait analisis wacana pada teks berita. Dalam mengkaji teks pemberitaan CNNIndonesia.com terkait penelitian ini menggunakan teori analisis wacana model Theo Van Leeuwen. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer hasil dokumentasi pada portal berita CNNIndonesia.com edisi Juli 2016. Data akan dianalisis menggunakan pisau bedah strategi wacana media Theo van Leeuwen. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas media massa. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa CNNIndonesia.com lebih dominan menggunakan strategi inklusi, dan telah memainkan perannya sebagai agen resolusi konflik. Selain itu, pemberitaan CNNIndonesia.com bertujuan mengubah stigma negatif terhadap mahasiswa Papua yang mana telah tertanam di masyarakat Yogyakarta. Kata kunci: analisis wacana, mahasiswa, Papua, Yogyakarta, berita, online

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 22 Sep 2017 03:21
Last Modified: 22 Sep 2017 03:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12931

Actions (login required)

View Item View Item