ANALISIS RESEPSI AUDIENCE TERHADAP PESAN POLITIK PADA CHANNEL YOUTUBE PRESIDEN JOKO WIDODO

DWI UTAMI, KRISTI (2017) ANALISIS RESEPSI AUDIENCE TERHADAP PESAN POLITIK PADA CHANNEL YOUTUBE PRESIDEN JOKO WIDODO. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 1 Cover.pdf]
Preview
Text
1 Cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 2 hal pengesahan.pdf]
Preview
Text
2 hal pengesahan.pdf

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 3 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3 Abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
[thumbnail of 4 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4 ABSTRACT.pdf

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 5 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5 Daftar Isi.pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Kehadiran media sosial ternyata berpengaruh terhadap bidang komunikasi
politik. Joko Widodo adalah salah satu komunikator politik yang memilih
media sosial Youtube sebagai saluran komunikasi politiknya. Youtube yang
bersifat umum dapat diakses oleh siapapun dengan mudah. Audience Youtube
kini dapat dikatakan sebagai khalayak aktif yang mampu melakukan
pemaknaan dan memberikan feedback. Pemaknaan yang dilakukan oleh setiap
orang terhadap sebuah pesan politik yang disampaikan melalui Youtube juga
tentu sangat beragam, ada audience yang langsung bisa memahami sebuah
pesan sesuai dengan maksud pembuat pesan, namun yang tidak sedikit pula
audience yang memaknai pesan dengan cara berbeda. Rumusan masalah pada
penelitian ini adalah bagaimana pemaknaan audience terhadap pesan politik
pada channel Youtube Presiden Joko Widodo dan apa saja faktor yang
memengaruhi pemaknaan audience. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pemaknaan audience terhadap pesan-pesan politik yang disampaikan Jokowi
dalam channel Youtube Presiden Joko Widodo serta faktor apa saja yang
mempengaruhi pemaknaan tersebut. Tipe penelitian ini adalah penelitian
kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui
Focuss Group Discussion (FGD) pada tanggal 9 Juli 2017 dan wawancara pada
tanggal 5,6 dan 7 Juli 2017. Teori yang digunakan untuk menganalisis
pemaknaan audience adalah terori decoding-encoding Stuart Hall. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa pemaknaan audience terhadap channel
Youtube Presiden Joko Widodo adalah sebagai sarana pendekatan diri dengan
masyarakat dan sarana penyampaian pesan dan informasi publik. Ada 5
audience yang berada pada posisi The Hegemonic Dominant dan 1 audience
pada posisi The Grey Oppositional. Dua posisi baru yang tidak termasuk dalam
posisi audience menurut Stuart Hall ditemukan dalam penelitian ini. Pertama,
The Grey Oppositional, terjadi jika audience tidak mampu memaknai sebuah
pesan dan ia menolak makna dominan yang ditawarkan oleh pembuat pesan.
Kedua, The Grey Dominant, terjadi jika audience tidak mampu memaknai
sebuah pesan, akan tetapi ia setuju dengan makna dominan yang ditawarkan
oleh pembuat pesan. Faktor-faktor yang mempengaruhi audience channel
Youtube Presiden Joko Widodo dalam melakukan pemaknaan ada 4 yaitu,
faktor usia, faktor latar belakang pendidikan, faktor terpaan serta faktor suka
dan tidak suka.
Kata kunci : analisis resepsi, pesan politik, youtube, presiden joko widodo

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 15 Sep 2017 07:44
Last Modified: 15 Sep 2017 07:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12867

Actions (login required)

View Item View Item