RISKY NANDA PRATAMA, MUHAMMAD (2017) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KNOCK HANGSPOT DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN ANTARCAFE LOKAL DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.
|
Text
abstrak.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
lbr pengesahan.pdf Download (666kB) | Preview |
Abstract
Yogyakarta merupakan kota pelajar sekaligus salah satu kota wisata di Indonesia. Setiap tahunnya hampir ribuan orang datang dan tinggal di kota ini. Maka tidak heran bisnis di Yogyakarta sangat pesat kemajuannya. Salah satunya bisnis kuliner. Hampir tiap bulan muncul café, restoran ataua warung makan dengan berbagai macam konsep. Knock Hangspot merupakan sebuah cafe di Yogyakarta yang mengusung konsep urban dan menyediakan art space untuk para customer-nya atau siapapun yang berkunjung. Saat ini Knock Hangspot sedang mempromosikan serta menarik perhatian konsumen maupun calon konsumen dengan berbagai macam media promosi. Konsep yang diusung Knock Hangspot adalah konsep urban cafe yang masih jarang dimata masyarakat Yogyakarta. Munculnya cafe-cafe lain sebagai kompetitor dari Knock Hangspot turut meramaikan persaiangan café local di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Knock Hangspot dalam menghadapi persaingan antarcafe lokal lain di Yogyakarta. Peneliti mengambil satu café sebagai kompetitor Knock Hangspot yaitu Legend Café. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi pustaka. Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa strategi komunikasi pemasaran Knock Hangspot melalui media sosial cukup efektif terbukti dari banyaknya customer yang mengetahui Knock Hangspot melalui Instagram. Hal ini berpedoman pada Marketing mix yang merupakan inti dari sistem pemasaran yang terdiri dari product, price, place dan promotion. Walaupun dalam beberapa aspek meliputi Place dan Promotion Legend Café lebih unggul Untuk produk Knock Hangspot sangat concern dengan menu kopi. Meskipun begitu beberapa diantaranya tetap ada main course ataupun dessertnya. Dalam hal price Knock Hangspot tergolong tinggi. Tetapi lokasi Knock Hangspot cukup strategis yaitu dekat dengan kampus dan sekolah. Tidak hanya melalui media sosial, strategi pemasaran Knock Hangspot juga dilakukan melalui majalah dan iklan radio. Knock hangspot juga melakukan promosi penjualan melalui aktivitas event musik, Lomba Aeropress, mural, dan permainan. Kata Kunci : Knock Hangspot, Strategi Komunikasi Pemasaran, Persaingan dengan café lokal
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences |
Depositing User: | Eny Suparny |
Date Deposited: | 14 Sep 2017 06:57 |
Last Modified: | 14 Sep 2017 06:57 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12848 |
Actions (login required)
View Item |