ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA KECIL MENENGAH DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (Studi Pada UKM Dani Artha Replika, Dusun Bebekan, Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta)

Indah, Any Dewi (2014) ANALISIS STRATEGI BERSAING USAHA KECIL MENENGAH DENGAN PENDEKATAN ANALISIS SWOT (Studi Pada UKM Dani Artha Replika, Dusun Bebekan, Mulyodadi, Bambanglipuro, Bantul, Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaima nakah strategi bersaing yang sesuai pada Dani Artha Replika berdas arkan analisis analisis SWOT dengan menggunakan matriks IFAS dan EFAS. Tuju an dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui strategi bersaing yang tepa t pada Dani Artha Replika berdasarkan analisis SWOT dengan mebggunakan matrik IFAS dan EFAS Penelitian ini dilakukan di Dani Artha Replika. Tip e peneitian ini adalah deskriftif, yaitupenelitiaan bertujuan untuk membua t deskriftif, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat menge nai fakta-fakta, sifat serta hubungan antarfenomena yang diselidiki. Teknik peng umpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokum en. Berdasarkan hasil penelitian, kekuatan dari Dani Ar tha Replika adalah mutu produk, ketersediaan bahan baku, hubungan dengan pe langgan, jangkauan pemasaran, keterampilan sdm.Kelemahan yaitu Penggun aan teknologi, manajemen, promosi, konsistensi karyawan dalam pemb agian tugas, sistem keuang. Peluang yaitu potensi pasar yang masih besa r, mendapatkan kesempatan dari banyak mitra kerja dalam hal mempromosikan, pe rluasan jalur pemasaran, dukungan dari masyarakat terhadap kegiatan usaha, d an kemajuan teknologi. Ancaman yaitu banyak produk sejenis dari pesaing, h arga bahan baku meningkat, daya beli masyarakat yang masih rendah dan semakin banyak berdiri usaha sejenis. Nilai dari faktor internal adalah 3,12 yang terdiri dari kekuatan 2,515 dan kelemahan 0,605, dari hasil tersebut terlihat kekua tan lebih dominan daripada kelemahan. Faktor eksternal mempunyai nilai 3,01 ya ng terdiri atas peluang 2,35 dan ancaman 0,685. Dari hasil faktor internal dan e ksternal didapat posisi perusahaan dengan mengunkan analisis SWOT terdapat pada sel I yaitu mendukung strategi agresif, usaha berada pada posis i yang sangat menguntungkan dimana mempunyai kekuatan dan peluang. Rekomendasi strategi yang bisa dilakukan usaha adalah melakukan strategi penetras i pasar ( market penetration ), pengembangan pasar ( market development ) dan pengembangn produk ( produk development ).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Muji Isambina
Date Deposited: 17 May 2016 08:21
Last Modified: 17 May 2016 08:21
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/1268

Actions (login required)

View Item View Item