PERANCANGAN TEMPAT SAMPAH PINTAR TEROTOMASI DENGAN METODE VEREIN DEUTSCHER INGENIEURE 2221 (StudiKasus di SMK Saraswati Salatiga)

Wulandari, Damar (2017) PERANCANGAN TEMPAT SAMPAH PINTAR TEROTOMASI DENGAN METODE VEREIN DEUTSCHER INGENIEURE 2221 (StudiKasus di SMK Saraswati Salatiga). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
02. COVER.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. ABSTRAK.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini teknologi terasa begitu berkembang dengan pesat. Dengan berkembangnya teknologi berdampak pada salah satunya adalah menurunnya kualitas kesadaran lingkungan akibat terjadinya pencemaran. Tanpa disadari alam bawah sadar, menganggap membuang sampah sembarangan bukan merupakan suatu hal yang salah dan wajar dilakukan. Seperti yang terjadi di SMK Saraswati Salatiga. 60 siswa yang menjadi responden 90% menyatakan ketidaknyamanan yang disebabkan karena kurangnya tempat sampah serta siswa malas membuka tutup tempat sampah secara langsung karena banyaknya bakteri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang tempat sampah pintar terotomasi ini di SMK Saraswati Salatiga. Metode yang digunakan oleh peneliti untuk perancangan tempat sampah pintar terotomasi ini yaitu dengan menggunakan metode Verein Deutscher Ingenieure (VDI) 2221. VDI pada penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan tempat sampah yang sudah ada menjadi pintar terotomasi. Hasil penelitian akhir menunjukkan bahwa keseluruhan sistem dari tempat sampah pintar terotomasi berjalan dengan lancar sesuai kebutuhan dan keinginan siswa. Tempat sampah pintar terotomasi ini dapat membuka dan menutup tutup secara otomatis, adanya modul pemanggil menjadikan tempat sampah pintar ini menjadi lebih unggul daripada tempat sampah sebelumnya. Modul pemanggil ini berfungsi jika tempat sampah pintar terotomasi telah penuh maka akan ada pemberitahuan kepada petugas kebersihan. Kata kunci :Tempat Sampah Terotomasi, Verein Deutscher Ingeniure (VDI) 2221, Produktivitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 30 Aug 2017 00:44
Last Modified: 30 Aug 2017 00:44
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12676

Actions (login required)

View Item View Item