PENGARUH TERPAAN PROMOSI MEDIA INSTAGRAM “POTRETJOGJA.ID” TERHADAP MINAT FOLLOWERS UNTUK MENGUNJUNGI TEMPAT WISATA DI YOGYAKARTA

Putra, Reza Satria (2017) PENGARUH TERPAAN PROMOSI MEDIA INSTAGRAM “POTRETJOGJA.ID” TERHADAP MINAT FOLLOWERS UNTUK MENGUNJUNGI TEMPAT WISATA DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Image
Halaman Pengesahan.jpg

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Abstrak Masyarakat sebelum munculnya era digitalmengetahui informasi mengenai tempat wisata dari televisi, radio, majalah, wisata buku yang terkait dengan lokasi wisata tersebut.Media tersebut dirasa lemah karena penyebaran informasinya tergolong komunikasi satu arah dan tersentral, tetapi sekarang masyarakat bisa mendapat informasi dari internet dengan interaksi komunikasi dua arah untuk mempermudah seseorang mendapatkan lokasi wisata yang diinginkan.Salah satu media yang sering digunakan untuk berinteraksi menggunakan internet adalah media sosial, media sosial yang sedang marak saat ini salah satunya adalah instagram. Penulis memilih akun instagram “potretjogja.id” karena salah satu akun wisata instagramyang ada di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terpaan promosi mediainstagram“potretjogja.id” terhadap minat followers untuk mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta. Teori yang digunakan adalah teori Media Baru dan teori Computer Mediated Communication (CMC). Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif dan tipe penelitiannya adalah penelitian survei. Populasinya adalah seluruh followersdari instagram“potretjogja.id”. Sampel diambil dengan menggunakan teknik probability dengan sample random sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi sederhana. Hasil analisis menggunakan korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,343 termasuk dalam hubungan positif dan sedangkarena pada interval 0,30-0,49. Hubungan tersebut signifikan karena p value < 0,05. Hal ini berarti antara pengaruh terpaan promosi media instagram “potretjogja.id” terhadap minat followers untuk mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta terdapat hubungan yang signifikan dan hubungan ini dalam kriteria sedang. Hasil analisis menggunakan analisis regresi sederhana didapatkanpengaruh terpaan promosi media instagram “potretjogja.id”sebesar 11,7%, dan sisanya 88,3%minat followers dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Kata kunci : internet, media sosial, instagram, tempat wisata

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:33
Last Modified: 29 Aug 2017 01:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12669

Actions (login required)

View Item View Item