PENGARUH TERPAAN PROMOSI MEDIA INSTAGRAM “POTRETJOGJA.ID” TERHADAP MINAT FOLLOWERS UNTUK MENGUNJUNGI TEMPAT WISATA DI YOGYAKARTA

Putra, Reza Satria (2017) PENGARUH TERPAAN PROMOSI MEDIA INSTAGRAM “POTRETJOGJA.ID” TERHADAP MINAT FOLLOWERS UNTUK MENGUNJUNGI TEMPAT WISATA DI YOGYAKARTA. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of Halaman Pengesahan.jpg]
Preview
Image
Halaman Pengesahan.jpg

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (23kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Abstrak
Masyarakat sebelum munculnya era digitalmengetahui informasi
mengenai tempat wisata dari televisi, radio, majalah, wisata buku yang terkait
dengan lokasi wisata tersebut.Media tersebut dirasa lemah karena penyebaran
informasinya tergolong komunikasi satu arah dan tersentral, tetapi sekarang
masyarakat bisa mendapat informasi dari internet dengan interaksi komunikasi
dua arah untuk mempermudah seseorang mendapatkan lokasi wisata yang
diinginkan.Salah satu media yang sering digunakan untuk berinteraksi
menggunakan internet adalah media sosial, media sosial yang sedang marak saat
ini salah satunya adalah instagram. Penulis memilih akun instagram
“potretjogja.id” karena salah satu akun wisata instagramyang ada di Yogyakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh terpaan
promosi mediainstagram“potretjogja.id” terhadap minat followers untuk
mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta. Teori yang digunakan adalah teori
Media Baru dan teori Computer Mediated Communication (CMC). Metode
penelitian ini menggunakan kuantitatif dan tipe penelitiannya adalah penelitian
survei. Populasinya adalah seluruh followersdari instagram“potretjogja.id”.
Sampel diambil dengan menggunakan teknik probability dengan sample random
sampling dengan jumlah sampel 100 responden. Teknik analisis data
menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi sederhana. Hasil
analisis menggunakan korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi
sebesar 0,343 termasuk dalam hubungan positif dan sedangkarena pada interval
0,30-0,49. Hubungan tersebut signifikan karena p value < 0,05. Hal ini berarti
antara pengaruh terpaan promosi media instagram “potretjogja.id” terhadap minat
followers untuk mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta terdapat hubungan
yang signifikan dan hubungan ini dalam kriteria sedang. Hasil analisis
menggunakan analisis regresi sederhana didapatkanpengaruh terpaan promosi
media instagram “potretjogja.id”sebesar 11,7%, dan sisanya 88,3%minat
followers dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model
penelitian ini.
Kata kunci : internet, media sosial, instagram, tempat wisata

Item Type: Thesis (Other)
Subjek: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: x. Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 29 Aug 2017 01:33
Last Modified: 29 Aug 2017 01:33
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12669

Actions (login required)

View Item View Item