ANALISIS KECACATAN PRODUK KEMEJA MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE EFFECT ANALYSIS (FMEA) dan FAULT TREE ANALYSIS (FTA) (Studi Kasus di UMKM Max Thinx Collection Bpk Chalimi, Jl. K. Hasyim Padurenan RT.01 RW.01, Gebog - Kudus)

Ubaidillah, Nurul Hadi (2017) ANALISIS KECACATAN PRODUK KEMEJA MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE EFFECT ANALYSIS (FMEA) dan FAULT TREE ANALYSIS (FTA) (Studi Kasus di UMKM Max Thinx Collection Bpk Chalimi, Jl. K. Hasyim Padurenan RT.01 RW.01, Gebog - Kudus). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
2. COVER.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (671kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (565kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Kecacatan produk merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam suatu perusahaan dalam menjalankan proses produksi sdalam upaya pengendalian kualitas. Produk cacat merupakan produk yang mempunyai wujud produk yang sudah jadi, tetapi dalam kondisi yang tidak baik/rusak dan tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan oleh perusahaan. Dalam penelitian ini membahas mengenai pengguanaan metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) untuk mencari prioritas perbaikan produk cacat dan metode Fault Tree Analysis (FTA) untuk mencari akar masalah sebagai dasar usulan perbaikan proses produksi pada UMKM Max Thinx Collection. Pada penelitian ini diambil 5 jenis bentuk kecacatan pada proses sewing/menjahit cacat. Perhitungan RPN pada metode FMEA menghasilkan nilai RPN terbesar yaitu 336 pada jarum tumpul dengan jenis kecacatan jahitan loncat, RPN 288 tidak ada maintenance pada jenis cacat jahitan putus, dan RPN 236 pada operator kelelahan den jenis kecacatan jahitan longgar. Terdapat tiga jenis cacat yang dicari akar masalahnya dengan menggunakan metode FTA. Ada beberapa perbaikan yang diusulkan antara lain dilakukan pengecekan terhadap kinerja pekerja, perbaikan ulang jadwal kerja, dan diberikan pelatihan kepada para pekerja. Kata kunci: Kualitas, FMEA, RPN, FTA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 08 Aug 2017 04:51
Last Modified: 08 Aug 2017 04:51
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12572

Actions (login required)

View Item View Item