KAJIAN TEKNIS RASIO BAHAN BAKAR ALAT ANGKUT PADA PENGUPASAN LAPISAN PENUTUP DI PIT 71N PT. PERKASA INAKAKERTA KALIMANTAN TIMUR

AL HUSAIN, AL HUSAIN (2017) KAJIAN TEKNIS RASIO BAHAN BAKAR ALAT ANGKUT PADA PENGUPASAN LAPISAN PENUTUP DI PIT 71N PT. PERKASA INAKAKERTA KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (25kB)
[img] Text
2. Halaman Pengesahan.pdf

Download (253kB)
[img] Text
3. Ringkasan.pdf

Download (25kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (8kB)

Abstract

RINGKASAN PT. Perkasa Inakakerta merupakan salah satu anak perusahaan penambangan batubara PT. Bayan Group Resource, selaku pemegang Perjanjian Karya Perusahaan Pertambangan Batubara atau PKP2B di Kab. Kutai Timur, Prov. Kalimantan Timur. Pada pengupasan lapisan penutup, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah pengangkutan lapisan penutup oleh alat angkut dari loading point menuju disposal. Masalah yang dihadapi saat ini adalah adanya rasio bahan bakar berlebih pada minggu kedua, yaitu melebihi maksimal penggunaan 1 ltr/bcm pada alat angkut Komatsu HD 465-7 Caterpillar 773E di loading point Pit.71N. Jarak pengangkutan dari loading point Pit.71N menuju disposal kurang lebih 1,9 km. Hal yang berpengaruh pada tingkat konsumsi bahan bakar adalah beban kerja alat, geometri, kondisi jalan angkut dan jarak tempuh pengangkutan lapisan penutup menuju disposal. Berdasarkan pengamatan kondisi kerja aktual, kemiringan jalan angkut melebihi standar perusahaan yaitu 8% dimana kemiringan jalan menurut perusahaan harus di bawah 8%, tetapi untuk kondisi jalan angkut cukup baik dengan amblasan roda sekitar 2cm-4cm (medium severity). Konsumsi bahan bakar dan produksi aktual alat angkut Komatsu HD 465-7 adalah 73,56 lt/jam dan 55,61 bcm/jam sedangkan untuk Caterpillar 773E adalah 68,11 lt/jam dan 53,85 bcm/jam. Sehingga Rasio bahan bakar aktual saat ini adalah 1,32 ltr/bcm untuk Komatsu HD 465-7 dan 1,26 ltr/bcm untuk Caterpillar 773E. Konsumsi bahan bakar alat angkut Komatsu HD 465-7 dan Caterpillar 773E berdasarkan perhitungan rimpull berbeda dengan data aktual yaitu sebesar 38,47 ltr/jam dan 36,54 ltr/jam dan produksi teori berdasarkan pengamatan waktu edar sebesar 59,12 bcm/jam dan 60,7 bcm/jam. Setelah dilakukan perbaikan dengan penurunan kemiringan jalan angkut menjadi 7% dimana standar maksimaal perusahaan 8%. Konsumsi bahan bakar dan produksi alat angkut Komatsu HD 465-7 menjadi 35,5 lt/jam dan 60,90 bcm/jam, sedangkan untuk Caterpillar 773E adalah 35,4 lt/jam dan 62,53 bcm/jam. Sehingga Rasio bahan bakar adalah 0,50 ltr/bcm untuk Komatsu HD 465-7 dan 0,56 ltr/bcm untuk Caterpillar 773E.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 07 Aug 2017 03:01
Last Modified: 07 Aug 2017 03:01
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12546

Actions (login required)

View Item View Item