AL HUSAIN, AL HUSAIN (2017) KAJIAN TEKNIS RASIO BAHAN BAKAR ALAT ANGKUT PADA PENGUPASAN LAPISAN PENUTUP DI PIT 71N PT. PERKASA INAKAKERTA KALIMANTAN TIMUR. Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.
Preview |
Text
1. Cover.pdf Download (25kB) | Preview |
Preview |
Text
2. Halaman Pengesahan.pdf Download (253kB) | Preview |
Preview |
Text
3. Ringkasan.pdf Download (25kB) | Preview |
Preview |
Text
4. Daftar Isi.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
RINGKASAN
PT. Perkasa Inakakerta merupakan salah satu anak perusahaan penambangan
batubara PT. Bayan Group Resource, selaku pemegang Perjanjian Karya Perusahaan
Pertambangan Batubara atau PKP2B di Kab. Kutai Timur, Prov. Kalimantan Timur.
Pada pengupasan lapisan penutup, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah
pengangkutan lapisan penutup oleh alat angkut dari loading point menuju disposal.
Masalah yang dihadapi saat ini adalah adanya rasio bahan bakar berlebih pada
minggu kedua, yaitu melebihi maksimal penggunaan 1 ltr/bcm pada alat angkut
Komatsu HD 465-7 Caterpillar 773E di loading point Pit.71N. Jarak pengangkutan
dari loading point Pit.71N menuju disposal kurang lebih 1,9 km. Hal yang
berpengaruh pada tingkat konsumsi bahan bakar adalah beban kerja alat, geometri,
kondisi jalan angkut dan jarak tempuh pengangkutan lapisan penutup menuju
disposal. Berdasarkan pengamatan kondisi kerja aktual, kemiringan jalan angkut
melebihi standar perusahaan yaitu 8% dimana kemiringan jalan menurut perusahaan
harus di bawah 8%, tetapi untuk kondisi jalan angkut cukup baik dengan amblasan
roda sekitar 2cm-4cm (medium severity).
Konsumsi bahan bakar dan produksi aktual alat angkut Komatsu HD 465-7
adalah 73,56 lt/jam dan 55,61 bcm/jam sedangkan untuk Caterpillar 773E adalah
68,11 lt/jam dan 53,85 bcm/jam. Sehingga Rasio bahan bakar aktual saat ini adalah
1,32 ltr/bcm untuk Komatsu HD 465-7 dan 1,26 ltr/bcm untuk Caterpillar 773E.
Konsumsi bahan bakar alat angkut Komatsu HD 465-7 dan Caterpillar 773E
berdasarkan perhitungan rimpull berbeda dengan data aktual yaitu sebesar 38,47
ltr/jam dan 36,54 ltr/jam dan produksi teori berdasarkan pengamatan waktu edar
sebesar 59,12 bcm/jam dan 60,7 bcm/jam.
Setelah dilakukan perbaikan dengan penurunan kemiringan jalan angkut
menjadi 7% dimana standar maksimaal perusahaan 8%. Konsumsi bahan bakar dan
produksi alat angkut Komatsu HD 465-7 menjadi 35,5 lt/jam dan 60,90 bcm/jam,
sedangkan untuk Caterpillar 773E adalah 35,4 lt/jam dan 62,53 bcm/jam. Sehingga
Rasio bahan bakar adalah 0,50 ltr/bcm untuk Komatsu HD 465-7 dan 0,56 ltr/bcm
untuk Caterpillar 773E.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjek: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | x. Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Basir Umaryadi |
Date Deposited: | 07 Aug 2017 03:01 |
Last Modified: | 07 Aug 2017 03:01 |
URI: | http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12546 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |