IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI TINGKAT KECACATAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi Kasus di UKM Rajutan PAINO,Keyongan Lor, Sabdodadi,Bantul Yogyakarta)

SABDO W, SURYO PUTRO (2017) IMPLEMENTASI PENGENDALIAN KUALITAS UNTUK MENGURANGI TINGKAT KECACATAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA (Studi Kasus di UKM Rajutan PAINO,Keyongan Lor, Sabdodadi,Bantul Yogyakarta). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Persaingan globalisasi industri manufaktur yang berdiri dengan menghasilkan produk yang sejenis, mengakibatkan terjadinya persaingan yang semakin ketat antar perusahaan, dalam menghasilkan produk yang berkualitas, sehingga membuat setiap perusahaan harus dapat bersaing secara global baik di pasaran nasional maupun pasar internasional untuk dapat meningkatkan pemasaran produk yang dihasilkan. Data pengamatan pendahuluan yang diperoleh di UKM Rajutan Paino produk yang dihasilkan untuk setiap periode mencapai antara 200 produk. Salah satu data produksi produk souvenir rajut dompet yang menjadi objek penelitian, diperoleh data produksi pada bulan Februari 2017 sebanyak 200 produk dengan jumlah kecacatan mencapai sebesar 28% dari jumlah produksi atau mencapai 43 produk cacat. Keadaan ini mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan UKM Rajutan Paino untuk dapat bersaing dengan perusahaan sejenis. dan pendekatan dengan menggunakan metode Six Sigma yang menitikberatkan kepada pengurangan kecacatan produk selama proses produksi berlangsung. Diagram parreto menunjukkan hasil bahwa data kecacatan terbanyak adalah lem yang tidak rata sejumlah 214 ato 33,65%,12,78, namun tingkat sigma perusahaan dalam produksi produk diperoleh nilai sigma sebesar 3,3. Hal ini menunjukkan bahwa untuk setiap 1.000.000 unit kali produksi kemungkinan terjadinya kecacatan adalah 36.087 unit. Setelah menerapakan konsep kaizen untuk perbaiakn di dapatkan kenaikan sigma sebesar 3,59,menunjukan bahwa setiap 1.000.000 unit kali produksi kemungkinan terjadinya kecacatan adalah 18.728. Kata Kunci : Pengendalian Kualitas, Six Sigma, SIPOC.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 19 Jul 2017 07:58
Last Modified: 19 Jul 2017 07:58
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12380

Actions (login required)

View Item View Item