ANALISIS RESEPSI PROGRAM TAYANGAN PESBUKER ANTV

YOLANDA, YOSIE (2017) ANALISIS RESEPSI PROGRAM TAYANGAN PESBUKER ANTV. Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
9 DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 ABSTRAK.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 ABSTRACT.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program acara komedi di minati oleh audiens televisi Indonesia. Acara komedi sebagai hiburan yang pas untuk melepas penat dan bisa membuat audiens tertawa setelah beraktifitas seharian. Penonton adalah sosok yang aktif memilih penggunaan media, melakukan seleksi, melakukan interpretasi atas informasi dan terkadang memperlakukan isi media sebagai hiburan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konten hiburan yang ditonjolkan oleh program acara Pesbukers ANTV dan pemaknaan audiens terhadap tayangan tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori analisis resepsi. Penelitian yang berfokus pada cara-cara dimana penonton memaknai pesan-pesan yang disampaikan media. Analisis resepsi berusaha untuk menunjukan bahwa penonton merupakan audiens yang aktif dalam pertemuan mereka dengan makna pesan dari media. Objek pada penelitian ini adalah tujuh narasumber mahasiswa Ilmu Komunikasi UPN Veteran Yogyakarta. Teknik pengumpulan data diperoleh Focus Discussion Group (FGD). Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah peneliti mencari preferred reading dengan menggunakan analisis deskriptif yang terdapat pada program tayangan Pesbuker pada episode 20, 22, 23, 24, 25 Juli 2013 kemudian selanjutnya melakukan focus Group Discussion bentuk diskusi. Teknik validitas data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan trigulasi sumber. Hasil penelitian peneliti mengelompokkan tujuh narasumber ke dalam dua posisi, yaitu lima narasumber ada pada posisi The Negotiated reading dan dua narasumber masuk dalam posisi The Oppositional reading. hasil penelitian menunjukan bahwa audiens memiliki keaktifan dalam meresepsi tayangan. Audiens tidak bergantung dengan pemaknaan yang didirikan oleh media, namun menyesuaikan dengan sudut pandang lingkungan sosial, posisi dan minat. Kata kunci: Pemaknaan Audience, Tayangan Program Televisi, Analisis Resepsi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Eny Suparny
Date Deposited: 19 Jul 2017 07:17
Last Modified: 19 Jul 2017 07:17
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12371

Actions (login required)

View Item View Item