IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI RADIO (Studi Deskriptif Keberadaan Iklan Layanan Masyarakat di Lembaga Penyiaran Publik RRI Yogyakarta)

Hidayat, Giffari Rifki (2017) IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI RADIO (Studi Deskriptif Keberadaan Iklan Layanan Masyarakat di Lembaga Penyiaran Publik RRI Yogyakarta). Other thesis, UPN "Veteran" Yogyakarta.

[thumbnail of 02 Abstrak & Abstract.pdf]
Preview
Text
02 Abstrak & Abstract.pdf

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 03 Cover.pdf]
Preview
Text
03 Cover.pdf

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of 04 Halaman Pengesahan.pdf]
Preview
Text
04 Halaman Pengesahan.pdf

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of 05 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
05 Daftar Isi.pdf

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of daftar pustaka.pdf] Text
daftar pustaka.pdf

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh keberadaan iklan layanan masyarakat
di media radio yang mulai terguncang keberadaannya karena munculnya dominasi
media baru. Judul dalam penelitian ini adalah “Studi Deskriptif Keberadaan Iklan
Layanan Masyarakat di Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia
Yogyakarta”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis
iklan layanan masyarakat, serta untuk menganalisis keterkaitan kredibilitas media
radio dengan kesadaran public dalam meningkatkan iklan layanan masyarakat di
Lembaga Penyiaran Publik RRI Yogyakarta. Penelitiani ini menggunakan metode
penelitian kualitatif deskriptif yang mana digunakan untuk menganalisis
keberadaan iklan layanan masyarakat di Lembaga Penyiaran Publik RRI
Yogyakarta. Iklan layanan masyarakat sejatinya bukan hanya sarana
menyampaikan informasi agar masyarakat dan pendengar tahu dan paham akan
informasinya dan sarana untuk menyadarkan masyarakat. Akan tetapi iklan layanan
masyarakat diharapkan dapat mempengaruhi masyarakat untuk melakukan sesuatu
(call to action) dan memberi solusi akan masalah yang terjadi. Hasil penelitian
menemukan bahwa terdapat serangkaian proses kerja kreatif dalam produksi iklan
layanan masyarakat oleh tim produksi yang meliputi banyak bidang. Proses kreatif
dibedakan menjadi dua alur, untuk iklan layanan masyarakat non-komersial dan
iklan layanan masyarakat komersial. Iklan layanan masyarakat di Lembaga
Penyiaran Publik RRI masih ada dan masih di pertahankan keberadaannya. Selain
itu iklan layanan masyarakat dinilai masih sangat penting, terbukti dari banyaknya
klien yang masih mempercayakan iklannya ke Lembaga Penyiaran Publik RRI
Yogyakarta. Namun juga ada beberapa klien yang memang sudah mulai
meninggalkan Lembaga Penyiaran Publik RRI Yogyakarta dan mulai beralih ke
radio swasta, bahkan menggunakan media lain. Hal itu disebabkan karena mulai
sepinya pendengar radio saat ini. Hal tersebut cukup membuktikan bahwa radio,
khususnya di Lembaga Penyiaran Publik RRI sudah mulai mengalami penurunan
kredibilitas dari klien dan masyarakat sebagai pendengar. Selain itu, klien dan
media juga kurang memperhatikan strategi-strategi yang baru yang lebih
terintegrasi. Padahal harapannya adalah dengan adanya strategi-strategi yang lebih
terintegrasi, iklan layanan masyarakat dan media radio akan menjadi lebih
berkembang.

Kata kunci : studi deskriptif, iklan layanan masyarakat, radio, LPP RRI Yogyakarta

This research is in the background by the existence of public service
advertisements on radio media that began to shake its existence due to the
emergence of new media dominance. The title of this study is "Descriptive Study
of the Presence of Public Service Ads in Public Broadcasting Institution Radio
Republik Indonesia Yogyakarta". The purpose of this research is to know and
analyze public service advertisement, and to analyze the credibility of radio media
with public awareness in improving public service advertisement at Public
Broadcasting Institute of RRI Yogyakarta. This research uses descriptive
qualitative research method which is used to analyze the existence of public service
advertisement in Public Broadcasting Institute of RRI Yogyakarta. Public service
advertisements is not only a means of conveying information so that the public and
the listener know and understand the information and the means to awaken the
public. However, public service advertisements are expected to influence the public
to do something (call to action) and provide solutions to problems that occur. The
results found that there is a series of creative work processes in the production of
public service advertisements by production teams covering many fields. The
creative process is divided into two paths, for non-commercial public service
advertisements and commercial public service announcements. Public service
advertisements at RRI's Public Broadcasting Institution still exist and are still in
existence. In addition, public service advertisements are still considered very
important, as evidenced by the many clients who still entrust their ads to the Public
Broadcasting Institution of RRI Yogyakarta. But there are also some clients who
have started to leave the Public Broadcasting Institution of RRI Yogyakarta and
began to switch to private radio, even using other media. It's because of the
loneliness of radio listeners at the moment. It is enough to prove that the radio,
especially in Public Broadcasting Institution of RRI Yogyakarta has begun to
decline the credibility of the client and the community as a listener. In addition,
clients and media are also less concerned with new strategies that are more
integrated. Whereas the hope is that with more integrated strategies, public service
advertisements and radio media will become more developed.

Keywords: descriptive study, public service advertisement, radio, LPP RRI
Yogyakarta

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: descriptive study, public service advertisement, radio, LPP RRI Yogyakarta
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Social Sciences
Depositing User: Eko Yuli
Date Deposited: 13 Jul 2017 07:43
Last Modified: 27 Nov 2023 02:47
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12237

Actions (login required)

View Item View Item