MAKNA RITUAL SENDANG SIDUKUN (ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA RITUAL SENDANG SIDUKUN PADA BULAN SURA DI DESA TRAJI KECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG)

Sari, Lailia Intan (2017) MAKNA RITUAL SENDANG SIDUKUN (ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA RITUAL SENDANG SIDUKUN PADA BULAN SURA DI DESA TRAJI KECAMATAN PARAKAN KABUPATEN TEMANGGUNG). Other thesis, UPN "VETERAN" YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Seiring berjalannya waktu, manusia dihadapkan pada zaman global dengan tatanan nilai baru yang rasional dan logis. Keyakinan orang Jawa terhadap dunia mistis yang diaktualisasikan dalam berbagai ritual adat rupanya tidak dapat dipisahkan dari warisan leluhur yang sudah ada. Salah satu budaya Jawa atau ritual adat yang merupakan warisan turun temurun dan masih dilestarikan hingga kini adalah Ritual Sendang Sidukun yang terdapat di Desa Traji, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung. Ritual ini dilaksanakan untuk menyambut malam satu Sura (Muharram). Satu Sura (Muharram), menurut kalender Jawa, didasarkan pada peredaran bulan. Oleh karena itu maka perlu untuk mendalami makna apa yang terkandung dalam ritual Sendang Sidukun. Hal ini bertujuan ntuk mengetahui latar belakang bagaimana munculnya ritual Sendang Sidukun dan untuk mengetahui makna serta isi yang terdapat selama proses ritual. Metode yang digunakan adalah kualitatif yaitu pengmpulan data melalui berbagai sumber seperti, video, dokumen dan buku mengenai budaya jawa, sedangkan untuk teorinya menggunakan teori Semiotika Charles Sanders Pierce. Hasil dari pemaknaan Ritual Sendang Sidukun ini mengandung nilai – nilai makna rasa syukur, wujud doa, melestaraikan tardisi dan wujud ketaatan pada pemimpin, dan filosofi air dalam pembacaan kidungan macapat. Ritual Sendang Sidukun muncul karena adanya kepercayan dan bentuk warian budaya leluhur yang samapai sekarang masih dilestarikan. Kata Kunci : Budaya, Ritual, Kepercayaan Animisme, Leluhur, Makna, Semiotika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Basir Umaryadi
Date Deposited: 06 Jul 2017 02:03
Last Modified: 06 Jul 2017 02:03
URI: http://eprints.upnyk.ac.id/id/eprint/12180

Actions (login required)

View Item View Item